Ninja Xpress Targetkan Hadirkan Lebih 300 Mesin DWS Selama 2023, Apa Manfaatnya?

Kompas.com - 10/06/2022, 17:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS. com - Salah satu perusahaan logistik Ninja Xpress menargetkan akan menghadirkan dan memanfaatkan lebih dari 300 mesin Dimension Weight and Scanning (DWS) pada 2023 yang akan disebar di pusat penyortiran milik perusahaan tersebut untuk mengakomodasi volume paket yang ada di seluruh Indonesia.

VP of Sort Ninja Xpress Jimmy Haposan mengatakan, pemanfaatan mesin ini adalah untuk mempermudah para UKM/shipper dalam pengiriman dan mengefisiensikan biaya kirim barang yang biasanya menjadi salah satu kendala utama yang dialami para shipper ketika mengirim barang.

“Kadang kan ketika ingin mengirim barang, shipper itu harus menimbang atau mengukur barang yang prosesnya lama. Dengan adanya mesin DWS yang melakukan pengukuran berat dan dimensi paket dengan akurat dan otomatis, Ninja Xpress berharap dapat mengurangi selisih hitungan dengan shipper sehingga proses faktur lebih cepat yang pada akhirnya membuat arus kas mereka menjadi lebih efisien," ujarnya saat Media Visit di Bekasi, Jumat (10/6/2022).

Baca juga: Ada Mudik Lebaran, Ninja Xpress Prediksi Kenaikan Pengiriman Paket Lebih dari 50 Persen

"Terus kalau di kita juga kan ada perjanjian dengan Shipper untuk harga yang mana apabila berat barang di bawah 1,3 kilogram terhitungnya jadi 1 kilogram dan apabila di atas 1,3 kilogram masuk dan terhitung ke 2 kilogram. Dengan adanya mesin itu, jadi lebih valid dan cepat, cepat karena otomatis dan valid karena ada gambarnya yang langsung difoto di mesin itu," sambung dia.

Jimmy mengatakan, dengan menggunakan mesin ini ada pemangkasan waktu 60 menit mulai dari proses barang diterima di gudang hingga diangkut ke truck.

"Mulai dari barang diterima sampai purchase pachaging diangkut ke truk sebelum ada mesin DWS memakan waktu sebanyak 3-3,5 jam. Nah setelah ada mesin DWS prosesnya hanya 2,5 jam. Ada pemangkasan waktu 60 menit," jelas Jimy.

Baca juga: Cara Cek Resi Ninja Xpress Online

Adapun mesin DWS yang digunakan Ninja Xpress dapat melakukan pengukuran berat dengan akurasi hingga 50 gram dan dimensi hingga akurasi 2 sentimeter. Kapasitas mesin ini mencapai 50 kilogram dan dimensi maksimal 70x50x40 sentimeter.

Keunggulan mesin ini adalah fitur 3D stereo camera yang dapat menangkap ukuran berat, dimensi, dan gambar paket secara bersamaan untuk dikirim ke sistem database dengan memindai barcode yang ada di paket sehingga memiliki bukti yang autentik.

Jimy menambahkan hingga saat ini baru 120 mesin DWS yang disebarluaskan dan sudah dipakai di pusat penyortiran Ninja Xpress di Jawa dan Bali.

Baca juga: Dorong Pengembangan UKM, Ninja Xpress Gandeng Pemerintah hingga Google

Dengan penambahan 300 mesin DWS pada 2023 nanti, Ninja Xpress berharap sebanyak lebih dari 95 persen paket yang dikirimkan dapat ditimbang dan diukur secara akurat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.