Pengusaha Sebut Kawasan Selatan Jabar Menguntungkan untuk Investasi

Kompas.com - 10/06/2022, 21:10 WIB


BANDUNG, KOMPAS.com - Kawasan Selatan Jawa Barat dinilai menguntungkan untuk investasi. Salah satu alasannya karena upahnya yang lebih rendah.

"Kawasan selatan menguntungkan karena upahnya lebih rendah, walaupun infrastrukturnya belum sebagus utara," ujar Wakil Ketua Bidang Industri Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jabar, Pieter Wijaya di Bandung, Jumat (10/6/2022).

Pieter menjelaskan, saat ini belum banyak industri di Jabar bagian selatan. Mayoritas industri masih berada di kawasan utara dan tengah Jabar.

Baca juga: Usai Tesla, Luhut Bilang Starlink dan Ford Bakal ke RI pada 20 Juni Bahas Investasi

Untuk itu ia berharap kawasan industri di selatan Jabar juga dikembangkan. Bahkan menjadi opsi selain rencana pengembangan kawasan Rebana di yang berada di sekitar Majalengka, Subang, dan Cirebon.

Sebenarnya, pemerintah sudah memberi sinyal dalam pengembangan kawasan industri di Jabar selatan. Namun ia belum tahu industri apa yang bisa dikembangkan di sana.

Yang pasti, pengembangan industri di Jabar belum boleh untuk industri basah atau yang menghasilkan limbah cair.

Sementara itu, Ketua Apindo Jabar, Ning Wahyu Astutik mengungkapkan, dampak ekonomi akibat Pandemi Covid-19 masih dirasakan oleh para pengusaha meskipun perlahan merangkak membaik.

Baca juga: Soal Investasi di Indonesia Dikuasai 1 Negara, Ini Kata Menteri Bahlil

Hal ini tidak hanya dirasakan Indonesia, namun seluruh dunia. Apalagi perang Rusia-Ukraina turut mempersulit keadaan.

"Dampaknya adalah harga sumber daya energi menjadi naik, komoditas juga ikut naik, dan pastinya harga-harga yang lain turut naik," beber dia.

Meski demikian, pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,01 persen lebih tinggi dibanding negara-negara maju.

Pertumbuhan investasi pun diprediksi akan semakin membaik karena adanya jaminan keamanan dari pihak kepolisian sehingga para investor tertarik berinvestasi di Jawa Barat.

Jaminan keamanan ini akan menstimulus calon-calon investor berinvestasi di Jabar.

Baca juga: RI Mau Jadi Negara Maju, Mendag Lutfi: Iklim Investasi Harus Selalu Jadi yang Terbaik...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.