Cetak Laba Bersih Sebesar Ro 525,7 Miliar, MDKA Absen Bagikan Dividen

Kompas.com - 10/06/2022, 22:00 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) mencatatkan perolehan laba bersih sepanjang tahun 2021 sebesar 36,13 juta dollar AS atau setara dengan Rp 525,7 miliar (kurs Rp 14.553 per dollar AS). Posisi tersebut turun 0,16 persen dibandingkan parolehan laba bersih tahun 2020, sebesar 36,19 juta dollar AS.

Namun demikian, Presiden Direktur MDKA Albert Saputro mengungkapkan di tahun 2022 ini MDKA absen untuk membagikan dividennya. Hal ini dilakukan karena perusahaan membutuhkan modal untuk pengembangan bisnis perseroan.

“Kami tidak membagikan dividen (tahun ini) yang diputuskan di RUPS, mengingat banyaknya jumlah proyek-proyek pengembangan ke depan yang harus dilakukan perusahaan,” kata Albert secara virtual, Jumat (10/6/2022).

Baca juga: Targetkan Laba Naik 40 Persen, Ini Strategi yang Disiapkan ALDO

Sementara itu di tahun 2021, MDKA mencetak pendapatan sebesar 380,95 juta dollar AS, tumbuh 18,3 persen dibandingkan periode sama tahun 2020 sebesar 321,86 juta dollar AS. Perolehan tersebut ditopang oleh penjualan ke pasar domestik mencapai 16,55 juta dollar AS.

Adapun hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilakukan pada hari ini memutuskan untuk melakukan private placement atau penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD). Rencananya, perseroan akan akan melepas sebanyak 2,29 miliar lembar saham atau maksimal 10 persen dari jumlah seluruh modal ditempatkan atau disetor.

"Persetujuan untuk private placement dilakukan untuk memberi flexibilitas pendanaan bagi Perseroan untuk pengembangan kegiatan usaha dan ekspansi. Kami juga masih melakukan pengembangan aset kami, termasuk melihat peluang pengembangan pada sektor potensial," lanjut dia.

Baca juga: Kinclong, Laba Bersih Pertamina 2021 Melonjak 95 Persen Jadi Rp 29,3 Triliun

Dalam RUPS, para pemegang saham MDKA juga menyetujui terkait dengan rencana pembelian kembali atau buyback saham maksimal 0,5 persen dari modal ditempatkan dan disetor, dengan alokasi dana maksimal sebesar Rp 600 miliar yang akan dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu maksimal 18 bulan.

Agenda RUPS yang dilakukan hari ini juga menetapkan perubahan susunan Dewan Komisaris MDKA, yaitu dengan mengangkat Tang Honghui sebagai Komisaris Perseroan, menggantikan Richard Bruce Ness yang mengundurkan diri.

Baca juga: Naik 43,14 Persen, Buana Finance Meraup Laba Bersih Rp 28,7 Miliar pada 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.