5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar Tidak Boros

Kompas.com - 11/06/2022, 09:45 WIB

KOMPAS.com - Dalam proses mencapai sebuah tujuan tentunya kita perlu melakukan sebuah perencanaan secara matang dan seksama. Hal ini juga berlaku di kehidupan berkeluarga, khususnya untuk hal yang terkait dengan finansial.

Melihat dari berbagai kebutuhan yang dimiliki setiap keluarga, melakukan perencanaan keuangan dalam rumah tangga dapat memudahkan kita untuk mencapai tujuan finansial tanpa memberikan risiko yang besar terhadap tujuan lainnya.

Perencanaan keuangan juga dapat dijadikan sebagai metode yang efektif dan efisien untuk mempermudah kita mencapai tujuan finansial yang diharapkan.

Mengatur keperluan rumah tangga, memang biasanya merupakan tanggung jawab sentral seorang perempuan ketika sudah menikah.

Baca juga: Intip Gaji Polisi Berpangkat AKBP Setingkat Kapolres

Nah berikut ini beberapa tips perencanaan keuangan untuk rumah tangga yang dapat menjadi pertimbangan menurut perencana keuangan sekaligus Co-Founder Lifepal Benny Fajarai:

1. Catat arus keluar masuk keuangan

Dalam menjaga keuangan rumah tangga, tentunya hal yang paling penting untuk dilakukan ialah mencatat keuangan secara rapi.

Mencatatkan rincian setiap pemasukan dan pengeluaran dilakukan agar tetap menjaga pengeluaran yang semakin terkontrol. Tentunya, melakukan pencatatan keuangan pun juga turut dikomunikasikan bersama pasangan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

2. Masukkan dalam amplop harian

Memisahkan dana untuk kebutuhan harian atau kebutuhan rumah tangga menjadi tips lain yang harus diaplikasikan agar pengeluaran rumah tangga tetap mengikuti perencanaan awal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.