Menhub Resmikan Feeder BRT untuk Permudah Akses Warga Menuju LRT Palembang

Kompas.com - 11/06/2022, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Feeder bus rapid transit (BRT) untuk LRT Palembang resmi diluncurkan hari ini untuk memudahkan masyarakat menuju stasiun LRT Palembang, Sumatera Selatan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, feeder BRT ini merupakan upaya pemerintah untuk saling menghubungkan antar moda transportasi umum di Palembang.

"(LRT Palembang) dia tidak bisa sendiri, kami buat interconnection atau istilah teknisnya antarmoda. Makanya kita buat BRT, ini memberikan koneksi agar orang itu bisa point to point. Ada juga angkot atau feeder, feeder adalah suatu angkutan yang mensupply orang-orang menuju ke situ," ujar Menhub Budi saat acara peluncuran secara virtual, Sabtu (11/6/2022).

Baca juga: Termasuk LRT Palembang, Ini Daftar Kereta Api Subsidi Tahun 2022

Dia menjelaskan, pengoperasian feeder BRT ini agar masyarakat Palembang lebih gencar menggunakan LRT Palembang. Sebab, selama ini pengguna LRT Palembang baru sedikit.

"Agar ini diketahui masyarakat dan digunakan. Jangan sampai ini tidak berguna. Kita ingin masyarakat itu memiliki dan melaksanakan itu dengan kesehariannya," ucap Menhub Budi.

Dia juga mengapresiasi Pemkot Palembang yang telah menginisiasi gerakan nasional kembali ke angkutan umum.

Pasalnya, Palembang memiliki berbagai jenis angkutan massal perkotaan yang lengkap dibandingkan dengan sejumlah kota lainnya, seperti LRT, bus, angkot, oplet, dan bus air.

Baca juga: Sama tapi Tak Serupa, Ini Beda LRT Jabodetabek, LRT Jakarta, dan LRT Palembang

Menurutnya, kota yang maju adalah yang masyarakatnya menggunakan angkutan umum dalam mobilitas sehari-hari.

"Satu hal yang perlu diketahui, (LRT Palembang) ini adalah suatu yang pertama di Indonesia. Jadi Palembang ini jadi role model angkutan massal," kata Menhub Budi.

Adapun hari ini, angkutan umum tersebut diserahterimakan dari Menhub ke Pemerintah Kota Palembang.

Baca juga: Menhub Minta ASN Wajib Naik LRT Palembang Ditambah Jadi 3 Hari

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.