Dua Kapal Tabrakan di Perairan Batam, Salah Satunya Hampir Tenggelam, Ini Penjelasan Kemenhub

Kompas.com - 11/06/2022, 22:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua kapal bertabrakan di sekitar Perairan Utara Nongsa, Batam, pada Sabtu dini hari (11/6/2022). Saat ini, Kementerian Perhubungan melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Uban mengawasi serta memeriksa salah satu kapal yang mengalami insiden tersebut. 

Menurut keterangan Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban Handry Sulfian, tabrakan di perairan Batam  terjadi antara TB Bina Marine 59 dan MV Honwin.

Saat ini, MV Honwin kembali melanjutkan perjalanannya usai kejadian. Sementara TB Bina Marine 59 masih dalam pemeriksaan lantaran hampir tenggelam pasca-tabrakan. 

Handry memastikan insiden tersebut tak menimbulkan korban jiwa. "Tidak ada korban jiwa. Semua anak buah kapal (ABK) dari kapal tersebut selamat," ujar Handry dalam keterangan tertulis, Sabtu 11/6/2022). 

Baca juga: KNKT: Teknisi Main HP Jadi Penyebab Tabrakan LRT di Cibubur Saat Uji Coba

Kronologi kejadian

Berdasarkan kronologi awal, lanjut Handry, Pangkalan PLP Tanjung Uban menerima berita dari VTS Batam, pukul 03.35 LT. Pada saat kejadian, Tongkang TB Marine 59 dari Tanjung Balai Karimun menuju Singapura.

Tongkang TB Marine 59 membawa muatan batu geranium granit sejumlah 4.345.000 KGS. Adapun jumlah ABK sebanyak 8 orang. Akibat insiden tersebut, tongkang TB Marine 59 mengalami kerusakan sehingga tongkang tersebut tenggelam separuh badan.

"Sekarang posisi TB Marine sudah aman setelah dievakuasi oleh Tim SAR dan Tim KN Sarotama P.112 dari Pangkalan PLP Tanjung Uban," ucap Handry.

Handry bilang, hingga saat ini, Tim Patroli KN Sarotama P.112 masih bersiaga melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal tersebut.

"Selanjutnya Tim Pangkalan PLP Tanjung Uban berkolaborasi dengan Tim KSOP Khusus Batam sekalian menyerahterimakan dokumen kapal dan dokumen kru," ujarnya.

Baca juga: Kemenhub Ciduk 4 Kapal Ilegal di Batam, 3 Asing dan 1 Lokal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.