KILAS

Sempat Turun, Pasokan Bawang Merah Dipastikan Kembali Normal pada Juni-Juli 2022

Kompas.com - 12/06/2022, 12:02 WIB

KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) M Ikhwan Arif mengatakan, penurun produksi bawang merah yang sempat terjadi pada April-Mei tidak terlalu mengkhawatirkan.

Pasalnya, peningkatan luas tanam pada April-Mei mengindikasikan produksi bawang merah pada Juni-Juli 2022 akan berangsur kembali normal.

"Luas tanam bulan April di Brebes saja lebih dari 3.300 hektar. Belum lagi di daerah lain seperti Bima, Probolinggo dan Solok. Pasokan untuk bulan Juni-Juli ini dipastikan akan berangsur normal kembali," katanya dalam siaran pers, Minggu (12/6/2022).

Ikhwan menyebutkan, penurunan produksi bawang merah secara nasional masih dalam kondisi terkendali.

Dia juga meluruskan terkait pemberitaan yang menyebutkan produksi bawang merah 80 persen gagal panen.

"Ada serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) itu benar karena kondisi cuaca ekstrim. Pada Juni ini kami biasa dengan kondisi kering. Namun, saat ini di mana-mana curah hujan masih cukup tinggi,” katanya.

Baca juga: Produksi Bawang Merah di Sumbar Melimpah, Ketua ABMI Harap Tidak Ada Impor

Ikhwan mengatakan, hal tersebut mendorong tumbuhnya hama penyakit tanaman. Terkait persentase yang beredar, dia menilai, pemerintah memiliki data lebih lengkap.

"Sekaligus saya klarifikasi dan mohon maaf sekiranya ada persepsi yang salah dari pernyataan saya sebelumnya terkait penurunan produksi bawang merah," imbuhnya.

Di tempat terpisah, Ketua Umum ABMI Juwari mengonfirmasi bahwa pada Juni 2022 pasokan bawang merah akan berangsur normal kembali.

"Pertengahan sampai dengan akhir Juni diharapkan pasokan sudah mulai normal. Kenapa pasokan Mei sampai hari ini berkurang? karena memang penanaman di bulan Maret lalu kurang berhasil akibat cuaca yang tidak menentu,” ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.