Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng cacaFly, Metrodata Electronics Dirikan Perusahaan Patungan di Bidang Solusi Pemasaran

Kompas.com - 12/06/2022, 13:01 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), perusahaan penyedia solusi digital dan inovator teknologi, menjalin kerja sama dengan perusahaan berbasis data, cacaFly, membentuk unit usaha patungan bernama PT cacaFly Metrodata Indonesia (CMI).

CMI merupakan perusahaan patungan yang menyediakan layanan dan solusi pemasaran berbasis data untuk pasar Indonesia. CacaFly sebelumnya merupakan perusahaan agensi pemasaran digital di Taiwan. Melalui kerja sama ini, CMI menawarkan solusi pemasaran untuk kebutuhan online dan offline.

Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk dan Presiden Komisaris PT cacaFly Metrodata Indonesia Susanto Djaja mengatakan, melalui kerja sama ini porsi kepemilikan entitas baru yang dibentuk mencakup 51 persen saham dimiliki oleh cacaFly dan sisanya 49 persen dimiliki oleh Metrodata.

“Cakupan yang besar atas merek Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dipasarkan oleh Metrodata, serta pengetahuan tentang pasar lokal, yang kemudian dikombinasikan dengan keahlian cacaFly di ranah pemasaran digital, merupakan kekuatan tersendiri yang akan dimanfaatkan secara bersama untuk membangun agensi pemasaran digital yang lebih efektif dan efisien di Indonesia,” Susanto melalui siaran pers Sabtu (11/6/2022).

Baca juga: Bitcoin dkk Bergerak di Zona Merah, Cek Harga Kripto Hari Ini

Susanto menjelaskan, melalui informasi yang diperoleh dari sejumlah mitra merek dagang, pihaknya menyadari saat ini terdapat kekhawatiran mengenai permasalahan kenaikan biaya akuisisi pelanggan, terutama yang disebabkan oleh teknologi cookie yang akan dihapuskan secara bertahap.

Dia menjelaskan, terdapat kebutuhan yang nyata atas kinerja pemasaran yang lebih baik dan itulah sebabnya MTDL memulai usaha patungan ini dengan cacaFly, yaitu untuk menawarkan solusi pemasaran berbasis data, bagi para pemegang merek dagang di Indonesia.

Layanan itu diklaim dapat membantu dalam mengurangi pengeluaran biaya media, meningkatkan tingkat konversi penjualan, dan meningkatkan ROI dari kampanye pemasaran.

“Kombinasi antara reputasi keberhasilan cacaFly dalam menerapkan data science ke dalam kegiatan pemasaran digital, dan ditambah dengan pengalaman dan kepiawaian kami di ranah pasar domestik, akan menjadikan CMI sebagai agensi dengan posisi terbaik di Indonesia pada era baru paska cookie, di mana kini akses terhadap data pihak pertama merupakan faktor penentu kesuksesan,” ungkap Susanto.

Pembentukan CMI akan semakin memperluas jangkauan cacaFly di Asia Tenggara, setelah sukses berekspansi ke Malaysia dan Singapura. cacaFly dikenal di Taiwan sebagai perusahaan agensi pemasaran digital yang menerapkan pemanfaatan AI, big data, dan machine learning pada kampanye–kampanye pemasaran, serta memiliki tim teknisi sejumlah lebih dari 60 orang.

Baca juga: 5 Saham Paling Cuan Sepekan, Ada Indosat hingga GoTo

Nantinya, CMI akan menjadi salah satu dari mitra agensi untuk GoGAN (Gojek Ads Network), yang didukung AI, yang dibangun bersama dengan TenMAX, sesama anak perusahaan funP Innovation Group - perusahaan induk cacaFly.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+