KAI Segera Operasikan Stasiun Matraman untuk Kurangi Penumpukan Penumpang di Manggarai

Kompas.com - 12/06/2022, 15:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - KAI Commuter akan segera mengoperasikan Stasiun Matraman, sebagai langkah antisipatif penumpukan di Stasiun Manggarai pasca diterapkannya switch over (SO) ke-5 di stasiun tersebut.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, operasional Stasiun Matraman diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi pengguna untuk naik dan turun selain di Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara.

"Dalam waktu dekat ini, KAI Commuter bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 1 akan mengoperasikan Stasiun Matraman yang berada diantara lintas Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara," tutur dia dalam keterangannya, Minggu (12/6/2022).

Baca juga: Stasiun Gambir secara Bertahap Dialihfungsikan untuk KRL pada Akhir 2025

Lebih lanjut Anne bilang, sebagai persiapan pengoperasian Stasiun Matraman, telah dilakukan uji coba perjalanan KRL, uji coba sistem persinyalan, serta uji coba prasarana-prasarana operasional perjalanan kereta api lainnya oleh KAI Commuter dan PT KAI Daop 1 Jakarta.

"Seluruh fasilitas pelayanan pengguna juga sudah dilengkapi dan dipastikan dapat berfungsi dengan baik sebelum pengoperasian stasiun ini," ujar dia.

Adapun Stasiun Matraman memiliki fasilitas pelayanan pengguna seperti loket, ruang pelayanan barang tertinggal, ruang laktasi, pos kesehatan, toilet, musala, fasilitas untuk pengguna disabilitas, lift dan eskalator serta area parkir.

Baca juga: Rute KRL Baru: 3 Fasilitas Ini Perlu Diperbaiki

"Untuk keamanan dan keselamatan stasiun ini juga dilengkapi juga dengan CCTV, alat pemadam kebakaran (APAR), sistem alarm kebakaran serta penangkal petir," kata Anne.

Menurutnya, stasiun yang berlokasi di jalan Matraman Raya, Jakarta Timur itu sangat strategis untuk para pengguna yang berada di sekitar wilayah Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara dan Manggarai.

Untuk aksesibilitas, sisi Timur stasiun langsung terhubung dengan jalan Raya Matraman dan terintegrasi dengan halte bus Trans Jakarta koridor 5.

"Pengoperasian stasiun ini diharapkan menjadi alternatif pilihan bagi pengguna KRL naik dan turun selain di Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara," ucap Anne.

Baca juga: 2 Kemudahan Penumpang KRL Jabodetabek Setelah Penerapan Rute dan Pola Transit Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.