Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fee Based Income Bancassurance BRI Tumbuh Pesat, Ini Pendorongnya

Kompas.com - 12/06/2022, 18:05 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyatakan, prospek bisnis bancassurance akan semakin membaik, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap proteksi risiko.

Kondisi tersebut turut mendorong pencapaian fee based income (FBI) bisnis asuransi secara keseluruhan di BRI yang tumbuh signifikan mencapai Rp 372 miliar pada Mei 2022.

Adapun kinerja bisnis bancassurance yang dikelola Wealth Management BRI di segment affluent yang terdiri dari BRI Private dan BRI Prioritas periode bulan Mei 2022, tercatat mengalami pertumbuhan hingga 2,4 kali lipat dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Baca juga: Kenapa Produk Lokal Kalah Bersaing dengan Produk Impor?

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengaku optimistis, FBI bisnis bancassurance untuk keseluruhan tahun ini dapat tumbuh hingga 11 persen secara tahunan (year on year/yoy) selaras dengan optimalisasi literasi finansial yang telah dilaksanakan pada seluruh lapisan masyarakat.

"Dengan didorong oleh pemulihan ekonomi nasional, meningkatnya konsumsi masyarakat dan mulai terbangunnya kesadaran atas pentingnya memiliki asuransi sebagai proteksi serta perlindungan dari risiko-risiko kerugian yang mungkin terjadi di masa depan,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (12/6/2022).

Menurutnya, kesadaran masyarakat terhadap produk asuransi harus dielaborasi dengan upaya literasi finansial.

"Dengan begitu, nasabah dapat menerima manfaat proteksi yang paling sesuai dengan kebutuhannya masing-masing," katanya.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Perbaikan Jalan di Tol Cipularang dan Padaleunyi

Lebih lanjut Handayani bilang, perseroan senantiasa menghadirkan layanan proteksi yang komprehensif bagi nasabah bancassurance.

Salah satunya melalui peluncuran Asuransi Jiwa Optimal Sejahtera (AURORA), yakni sebuah produk asuransi jiwa berjangka dengan manfaat perlindungan jiwa, penyakit kritis, dan pengembalian premi pada akhir masa asuransi.

Selain itu, BRI juga akan meluncurkan produk pemasaran digital bancassurance melalui aplikasi BRIMO yaitu produk Life Care dan Acci Care.

"Melalui BRImo Super Apps, BRI sangat memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi pembelian produk bancassurance kapan pun dan dimana pun," ucap Handayani. 

Baca juga: Starbucks Buka Kemungkinan Larang Penggunaan Toilet untuk Umum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com