Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Siapkan Rp 500 Miliar untuk Perkuat Keamanan Siber

Kompas.com - 13/06/2022, 21:09 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keamanan siber atau cyber security saat ini menjadi salah satu perhatian utama industri perbankan Tanah Air, seiring dengan semakin tingginya transaksi digital perbankan.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk atau BCA juga serius dalam memperkuat keamanan siber sarana teknologi informasinya (TI).

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication Bank BCA Hera F. Haryn mengatakan, pada tahun ini perseroan menganggarkan Rp 500 miliar untuk penguatan keamanan siber.

Baca juga: BCA: Kami Tidak Punya Program Penawaran Upgrade Nasabah Prioritas

Nilai tersebut setara dengan 10 persen dari total anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) TI BCA tahun 2022 sebesar Rp 5 triliun.

“Capex mayoritas dialokasikan untuk IT. Khusus untuk cyber security saja Rp 500 miliar,” ujar dia, di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Menurutnya, alokasi anggaran tersebut sudah sesuai dengan kajian yang dilakukan perseroan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur BCA Haryanto T. Budiman menekankan, peningkatan keamanan siber menjadi sangat penting untuk memberikan rasa aman kepada nasabah.

Baca juga: Syarat dan Keuntungan Menjadi Nasabah BCA Prioritas

“BCA adalah bank yang membantu nasabah melakukan transaksi perbankan. Setiap hari kita melakukan proses 55 juta sampai 60 juta transaksi,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, belakangan marak penipuan melalui telepon atau WhatsApp yang mengatasnamakan BCA dan iklan Akun BCA Palsu di media sosial khususnya di Instagram yang menawarkan program upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas. 

Menurut Haryanto, semakin beragamnya modus penipuan merupakan risiko yang perlu dihadapi perbankan di tengah fenomena percepatan adopsi teknologi informasi.

“Ke depan kita harus siap dengan risiko-risiko ini,” ucap dia.

Baca juga: BCA: Nasabah Solitaire dan Prioritas Hanya Lewat Undangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com