Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eskalator Mati di Stasiun KRL Sering Dikomplain, Ini Jawaban Kemenhub

Kompas.com - 13/06/2022, 21:22 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melakukan pembenahan terhadap fasilitas eskalator dan lift di beberapa stasiun kereta api di Jabodetabek guna menunjang mobilitas dan meningkatkan kenyamanan pengguna jasa.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri menjelaskan bahwa upaya pembenahan ini dilakukan guna meningkatkan kenyamanan penumpang dalam menggunakan jasa layanan KA di tengah pembangunan yang sedang dilakukan.

"Kami sudah melakukan tindak lanjut atas kondisi eskalator dan lift di Stasiun Manggarai sehingga saat ini sudah dapat digunakan kembali oleh masyarakat untuk mengakses peron 10, 11, dan 12," kata Zulfikri dalam keterangannya dikutip dari Antara, Senin (13/6/2022).

Zulfikri menyampaikan bahwa pembenahan fasilitas eskalator dan lift di stasiun lain di Jabodetabek masih terus diupayakan sehingga dapat dioperasikan dengan optimal.

Baca juga: Jokowi Resmi Naikkan Tarif Listrik Orang Kaya

"Kami juga berkomitmen untuk memastikan kenyamanan pengguna jasa layanan kereta api selama pembangunan berlangsung," ujarnya.

Selain itu, Ia juga memastikan bahwa jajarannya terus mengupayakan perbaikan fasilitas demi menunjang kelancaran mobilitas penumpang.

"Perbaikan fasilitas lift dan eskalator di Stasiun Manggarai akan terus dilakukan, sementara untuk Stasiun Jatinegara kami jadwalkan Senin ini sudah mulai dikerjakan," katanya.

Terkait dengan aduan masyarakat yang disampaikan di media sosial mengenai kondisi eskalator dan lift, Zulfikri menyampaikan permohonan maaf atas nama DJKA dan menyesali hal tersebut.

Baca juga: Intip Gaji Polisi Berpangkat AKBP Setingkat Kapolres

"Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah aktif melaporkan kondisi lapangan sehingga dapat segera ditangani oleh tim teknis," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama KAI Commuter Roppiq Lutfi Azhar mengatakan bahwa evaluasi perbaikan fasilitas-fasilitas pelayanan pengguna juga terus dilakukan KAI Commuter.

“KAI Commuter bersama DJKA Kementerian Perhubungan akan selalu berkoordinasi dalam pemenuhan fasilitas-fasilitas pelayanan bagi pengguna KRL untuk memberikan layanan terbaik,” katanya.

Lebih lanjut, Roppiq mengajak para pengguna KAI Commuter agar selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan yang ada di stasiun.

Baca juga: Jokowi Larang Direksi Komisaris BUMN Jadi Pengurus Parpol dan Caleg

“KAI Commuter juga mengimbau untuk selalu mendahulukan pengguna prioritas dalam menggunakan fasilitas eskalator dan lift yang tersedia di stasiun,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com