Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Dikeluhkan Penumpang KRL, Eskalator dan Lift Stasiun Akhirnya Diperbaiki

Kompas.com - 14/06/2022, 09:42 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan memperbaiki fasilitas eskalator dan lift di beberapa stasiun kereta api di Jabodetabek.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dalam menggunakan jasa layanan kereta api di tengah pembangunan yang sedang dilakukan.

"Kami sudah melakukan tindak lanjut atas kondisi escalator dan lift di Stasiun Manggarai sehingga saat ini sudah dapat digunakan kembali oleh masyarakat untuk mengakses peron 10, 11, dan 12," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (13/6/2022).

Baca juga: Kenapa Letak Stasiun KA di Indonesia Kerap Sangat Berdekatan?

Dia menyebutkan, pihaknya masih akan terus memperbaiki fasilitas eskalator dan lift di berbagai stasiun lainnya seperti Stasiun Jatinegara supaya dapat beroperasi dengan maksimal.

Pasalnya, perbaikan fasilitas ini dilakukan demi menunjang kelancaran mobilitas penumpang di stasiun.

"Perbaikan fasilitas lift dan escalator di Stasiun Manggarai akan terus dilakukan, sementara untuk Stasiun Jatinegara kami jadwalkan Senin ini sudah mulai dikerjakan," ucapnya.

Fasilitas eskalator dan lift di stasiun kerap dikeluhkan penumpang KRL karena banyak yang tidak beroperasi sehingga penumpang naik-turun stasiun secara manual.

Terutama di Stasiun Manggarai yang menjadi stasiun transit dan baru beberapa pekan ini diberlakukan pola transit baru di mana penumpang hanya perlu naik-turun peron saat melakukan transit.

Terakhir, media sosial sempat diramaikan dengan sebuah foto yang menampilkan ibu hamil sedang duduk kelelahan di Stasiun Cakung, Jakarta Timur.

Akun Twitter @jalurbekasi menuliskan ibu hamil di foto tersebut kelelahan karena harus menaiki tangga yang cukup tinggi akibat lift dan eskalator di Stasiun Cakung tidak berfungsi.

Dengan adanya keluhan-keluhan tersebut, DJKA menyampaikan permohonan maaf dan menyesali hal tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah aktif melaporkan kondisi lapangan sehingga dapat segera ditangani oleh tim teknis," kata dia.

Selain itu, Direktur Utama KAI Commuter, Roppiq Lutfi Azhar memastikan akan terus mengevaluasi perbaikan fasilitas-fasilitas pelayanan pengguna.

"KAI Commuter bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan akan selalu berkoordinasi dalam pemenuhan fasilitas-fasilitas pelayanan bagi pengguna KRL untuk memberikan layanan terbaik," ujar Roppiq.

Dia juga mengajak para pengguna KAI Commuter agar selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan yang ada di stasiun.

"KAI Commuter juga mengimbau untuk selalu mendahulukan pengguna prioritas dalam menggunakan fasilitas eskalator dan lift yang tersedia di stasiun," tuturnya.

Baca juga: Hambatan Stasiun Sentral Manggarai: Dikepung Pemukiman Liar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com