Mau Live Streaming Saat Jualan Online? Simak Tipsnya

Kompas.com - 14/06/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penjual online, fitur  siaran langsung (live streaming) kini menjadi salah satu strategi pemasaran untuk menjual produk dengan cara yang lebih interaktif, unik, informatif, dan sekaligus menghibur para calon pembeli.

Penggabungan pengalaman belanja dengan hiburan atau yang dikenal dengan sebutan shoppertainment menjadi tren yang berkembang sebagai salah satu bentuk promosi para penjual di e-commerce.

Salah satu penyedia fitur live streaming di antaranya ada di kanal LazLive dalam aplikasi Lazada.

Baca juga: Apa Saja yang Mempengaruhi Skor Rating Toko Online di Shopee dan Tokopedia?

Salah satu platform penyedia layanan top up games dan produk digital, UniPin menjadi salah satu penjual di Lazada yang memanfaatkan live streaming untuk meningkatkan penjualan.

General Manager Business UniPin Poeti Fatima mencatat, perusahaannya membukukan penjualan fantastis dengan peningkatan penjualan lebih dari 50 persen lewat live streaming sebagai salah satu kanal promosinya.

"Sesungguhnya live streaming juga bisa dijadikan platform branding. Jadi penjual tidak harus mengejar keuntungan penjualan, tapi juga bisa mendapatkan return of investment yang jelas dengan menganggap live streaming sebagai platform untuk branding agar bisa terus lebih dekat dan melibatkan konsumen," terang dia dalam keterangan pers, Selasa (14/6/2022).

Ia menjelaskan, untuk mendorong penonton melakukan transaksi saat siaran langsung, Poeti menjelaskan UniPin menggunakan strategi fear of missing out (FOMO) dengan diskon besar-besaran hingga 50 persen.

Strategi ini dilakukan untuk menciptakan urgensi bagi konsumen agar tidak melewatkan diskon besar-besaran ini dan membeli produk.

Ia bilang, UniPin memberikan batas waktu untuk diskon ini, dari 15 menit hingga 30 menit. Dengan begitu, batas waktu ini akan memengaruhi cara berpikir konsumen untuk segera membeli produk yang ditawarkan.

Poeti menjabarkan dalam melakukan livestreaming penjual perlu mengenai target pasarnya. Tujuannya untuk membuat konten livestreaming yang menarik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.