Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pemasangan Grider KCJB, Ini Pengaturan Lalin di Sekitar Jembatan Antilope

Kompas.com - 14/06/2022, 17:07 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) memberlakukan pengalihan lalu lintas di sekitar Jembatan Antilope, Bekasi imbas pemasangan grider box untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan, saat ini diberlakukan pembatasan ketinggian kendaraan yang melintasi Jembatan Antilope hingga 10 Agustus mendatang.

Untuk itu, kendaraan yang melebihi ketinggian 1,7 meter dapat memanfaatkan jembatan Kodam Baru yang dibangun oleh PT KCIC dan sudah dioperasikan sejak tanggal 29 Mei 2022.

Baca juga: KCIC: Jembatan Antilope hanya Bisa Dilalui Kendaraan Tertentu hingga 10 Agustus 2022

Selain itu, saat ini KCIC juga memberlakukan pengalihan lalu lintas di sekitar Jembatan Antilope.

"Sudah (diterapkan saat ini) dan dijalankan sesuai pengaturan dari Dishub Kota Bekasi," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (14/6/2022).

Berikut ini pengaturan lalu lintas di sekitar Jembatan Antilope, sebagai berikut:

  • Kendaraan dari arah Jalan Kemang Raya menuju Jalan Kalimalang dialihkan menuju Overpass Kodam/Overpass Kapin.
  • Kendaraan dari arah Jalan Kalimalang yang akan menuju Jalan Kemang Raya dialihkan menuju Overpass Kodam/Overpass Kapin.
  • Kendaraan dari arah Jalan Curug yang akan menuju Jalan Kemang Raya bisa dialihkan menuju Overpass Kodam/Overpass Kapin.
  • Kendaraan dari arah Jalan Kemang Raya yang akan menuju Jalan Curug Raya dialihkan menuju Overpass Kodam/Overpass Kapin.
  • Kendaraan dari Jalan Anugerah yang akan menuju Jalan Kalimalang bisa melalui Jembatan Jatiwaringin atau Overpass Kodam.

Baca juga: Beredar Video Tol Becakayu Ambles, PUPR: Tidak Benar, Itu Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Jembatan Antilope Akan Dirubuhkan

Rahadian menjelaskan, diperkirakan pada 10 Agustus 2022 Jembatan Antilope akan dibongkar dan arus lalu lintas akan sepenuhnya dialihkan ke jembatan baru yang saat ini sedang dibangun.

"Secara paralel, pembangunan jembatan baru pengganti jembatan Antilope sedang berprogres dan ditargetkan selesai pada 10 Agustus 2022," ucapnya.

Namun hingga 10 Agustus, KCIC akan terus memastikan keamanan kendaraan dan warga yang melintasi Jembatan Antelope dengan ketat

Sebagai bentuk pengamanan, KCIC memasang pemberitahuan, portal atau pembatas ketinggian di dua sisi, dan lampu penerangan.

"Dilakukan penjagaan 24 jam atau 3 shift untuk memastikan warga aman ketika melintas," jelasnya.

Baca juga: Rangkaian Kereta Cepat Pesanan KCIC Sudah Selesai Diproduksi di China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com