Kementan Pastikan Stok Hewan Kurban Aman, Surplus 391.258 Ekor

Kompas.com - 14/06/2022, 21:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok hewan kurban untuk Idul Adha 2022 aman lantaran stoknya sangat mencukupi.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga Andri mengatakan, stok hewan kurban diperkirakan surplus sebanyak 391.258 ekor.

"Berdasarkan data neraca ketersediaan hewan kurban per 10 Juni 2022 yang diolah oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, tercatat stok sapi saat ini 882.266 ekor, kerbau, 27.179 ekor, kambing 952.390 ekor, dan domba 403.825. Sehingga bila dijumlahkan, stok khusus hewan kurban adalah 2.205.660 ekor. Sementara data kebutuhan hewan kurban sampai dengan hari ini sebesar 1.814.402 ekor," ujarnya dalam Update Perkembangan Penanganan PMK di Indonesia secara virtual, pada Selasa (14/06/2022).

Baca juga: Vaksin PMK Tiba, Vaksinasi Nasional Dimulai di Jawa Timur

Lebuh lanjut Kuntoro mengatakan, permintaan hewan kurban tahun ini terjadi peningkatan sebesar 11-13 persen dibandingkan tahun 2021.

Di sisi lain, lanjut Kuntoro, ada beberapa provinsi yang masih minus atau defisit sehingga hewan kurban akan dipenuhi dari provinsi yang surplus.

Upaya itu dilakukan melalui rekayasa lalu lintas hewan kurban, baik melalui jalur darat dalam satu pulau maupun jalur laut melalui pintu masuk atau pelabuhan daerah hijau.

Baca juga: Cegah Penyebaran Penyakit PMK, Kementan Perketat Pengawasan Hewan Kurban

“Sebagai contoh, Kementan telah melakukan perubahan cara distribusi ternak dari NTT dan NTB yang biasanya menggunakan truk melalui Jawa Timur diubah menggunakan tol laut,” jelas Kuntoro.

Kuntoro menambahkan, sampai saat ini melalui tol laut, telah diangkut lebih dari 9.000 ekor sapi dari NTT dan NTB ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca juga: Kementan Pastikan Stok Hewan Kurban Tak Terganggu Wabah PMK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.