Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban Jokowi soal Reshuffle Kabinet dan yang Terjadi Berikutnya

Kompas.com - 15/06/2022, 07:44 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – Kabar reshuffle Kabinet Indonesia Maju makin menguat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut-sebut akan melakukan perombakan menteri pada Rabu (15/6/2022) hari ini.

Presiden Jokowi sendiri sempat menyinggung soal reshuffle dalam sebuah pidatonya ketika geram terhadap kementerian/lembaga yang masih suka belanja produk impor.

"Kementerian ya sama saja itu, tapi itu bagian saya, reshuffle sudah. Heh saya itu (sebal), kayak gini enggak bisa jalan. Sudah di depan mata, uangnya ada, uang-uang kita sendiri, tinggal belanjakan produk dalam negeri saja sulit,” ujar Jokowi saat memberikan pengarahan secara virtual di acara Afirmasi Bangga Buatan Produk Indonesia di Bali pada 25 Maret 2022.

Baca juga: Jokowi Sedih jika Uang Rakyat Dibelanjakan Produk Impor

Kabar mengenai perombakan kabinet Jokowi yang berhembus sejak Maret 2022 tersebut juga dihembuskan sejumlah elite partai politik, seperti Muhaimin Iskandar dari PKB dan Zulkifli Hasan dari PAN.

Hanya saja, nyatanya Jokowi masih menahan adanya perombakan hingga saat ini. Meski begitu, memasuki bulan Juni isu reshuffle kembali menguat.

Jawaban Jokowi soal reshuffle

Presiden Jokowi sempat beberapa kali diberondong pertanyaan mengenai reshuffle oleh awak media. Salah satunya yakni ketika Kepala Negara menyaksikan ajang Formula E di Sirkuit Formula E Ancol, Jakarta, 4 Juni 2022.

“Balapan (kok) sampai reshuffle. Urusan balapan saja lah (yang ditanyakan),” demikian jawaban Jokowi usai menyaksikan balapan tersebut.

Pada kesempatan lain, Jokowi juga kembali mendapatkan pertanyaan serupa. Tepatnya ketika menghadiri peringatan haul ke-9 M Taufiq Kiemas dan peresmian Masjid At-Taufiq, di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta.

Baca juga: Jokowi: Bank Dunia Prediksi 60 Negara Akan Ambruk Perekonomiannya karena Ancaman Krisis

"Belum, belum (belum reshuffle)," katanya usai meresmikan masjid At Taufik di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022).

Jokowi panggil sejumlah menteri dan elite partai

Tanda-tanda rencana reshuffle Kabinet Indonesia Maju tersirat dari langkah-langkah Jokowi menemui sejumlah petinggi partai politik dan memanggil beberapa menteri.

Pekan lalu, Jokowi bertemu Presiden ke-5 RI yang juga elite PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Negara, tepatnya pada Selasa (7/6/2022).

Pertemuan tersebut diinformasikan oleh Biro Pers Sekretariat Presiden lewat foto-foto yang dirilis resmi pada Selasa sore pekan lalu.

Dalam keterangan foto itu, dijelaskan bahwa Presiden Jokowi bertemu Megawati sebelum melantik Dewan Pengarah, Kepala, dan Wakil Kepala BPIP periode 2022-2027 pada Selasa siang.

Pertemuan itu terjadi di ruang tunggu Istana Negara. Tidak ada informasi lebih lanjut soal isu apa saja yang dibicarakan keduanya. Namun, kedua tokoh tampak berbincang serius.

Jokowi tampak memberikan penjelasan kepada Megawati. Selain itu, Jokowi tampak memperhatikan Megawati saat seniornya di PDI-P tersebut memberikan penjelasan.

Baca juga: Jokowi Kecewa, Pemerintah Pusat dan Daerah Lebih Suka Belanja Produk Impor

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com