Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPS: Imbas Larangan Ekspor CPO, Nilai Ekspor Mei Turun 21,29 Persen

Kompas.com - 15/06/2022, 13:38 WIB
Fika Nurul Ulya,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, nilai ekspor pada Mei 2022 sebesar 21,51 miliar dollar AS. Angka ini menurun 21,29 persen dibanding April 2022.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto mengatakan, turunnya ekspor pada bulan Mei 2022 turut dipengaruhi oleh kebijakan restriksi ekspor minyak kelapa sawit pada 28 April - 23 Mei 2022.

Turunnya ekspor minyak kelapa sawit terlihat dari turunnya ekspor industri pengolahan sebesar -25,93 persen secara bulanan (month to month/mtm).

Bahkan penurunan pada sektor ini menjadi yang terbesar dibanding sektor lain, yakni industri pertanian dan industri pertambangan.

"Industri pengolahan -25,93 persen dengan komoditas minyak kelapa sawit, pakaian jadi atau konveksi dari tekstil. Minyak kelapa sawit seperti kita tahu, mengalami restriksi sehingga ekspor minyak kepala sawit menurun pada 2022," kata Setianto dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Biang Kerok Inflasi Mei 2022, BPS: Harga Tiket Pesawat hingga Bawang Merah

Sementara itu, industri pertanian, kehutanan, dan perikanan -25,92 persen (mtm) didorong oleh penurunan ekspor komoditas sarang burung dan tanaman obat. Lalu, sektor pertambangan -12,92 persen (mtm) karena anjloknya ekspor bijih tembaga dan lignit.

Adapun sektor migas meningkat 4,38 persen (mtm) didorong oleh komoditas migas untuk minyak mentah dan gas.

BPS mencatat, 5 komoditas berdasarkan HS 2 digit yang menurun, yakni timah dan barang daripadanya; logam mulia dan perhiasan permata; bahan bakar mineral; bijih logam terak dan abu; serta lemak dan minyak hewan nabati.

"Penurunan ekspor terbesar yaitu lemak dan minyak hewan nabati( HS15). Menurun 2.149,5 juta dollar AS atau -71,79 persen. Negaranya adalah India, Pakistan, dan China," ucap Setianto.

Baca juga: Neraca Perdagangan RI Surplus 25 Bulan Berturut-turut hingga Mei 2022, Ini Komoditas Penopangnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com