Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bitcoin dkk Menguat Usai The Fed Menaikkan Suku Bunga

Kompas.com - 16/06/2022, 07:37 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


NEW YORK, KOMPAS.com - Pasar aset kripto tampak bersinar pada pagi ini, Kamis (16/6/2022). Dilansir dari Coinmarketcap pagi ini, 9 dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: The Fed Agresif Naikkan Suku Bunga Acuan, Respons Pasar, dan Dampaknya bagi Indonesia

Nilai mata uang kripto paling cerah adalah Solana (SOL) yang melonjak 17,4 persen pada level 34,21 dollar AS. Polkadot (DOT) juga melesat 12,8 persen menjadi 8,2 dollar AS, dan Dogecoin atau DOGE naik 11,6 persen pada posisi 0,06 dollar AS.

Kenaikan dilanjutkan oleh Cardano atau ADA sebesar 10,7 persen menjadi 0,52 dollar AS, XRP juga menguat 7,25 persen pada level 0,3 dollar AS, dan Binance Exchange (BNB) naik 5,15 persen menjadi 231,2 dollar AS.

Baca juga: The Fed Naikkan Suku Bunga Acuan 75 Basis Poin, Tertinggi dalam 28 Tahun

Kemudian, harga aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, yakni Bitcoin atau BTC juga naik 3,2 persen di level 22.491 dollar AS, dan Ethereum (ETH) juga menguat 3,06 persen pada posisi 1.222 dollar AS.

Pagi ini Tether (USDT) turun 0,01 persen pada posisi 0,9 dollar AS, dan USD Coin (USDC) naik 0,01 persen menjadi 1 dollar AS. Sebagai informasi, USDT dan USDC merupakan mata uang kripto golongan stable coin atau jenis mata uang kripto yang dibuat untuk menawarkan harga yang stabil terhadap dollar AS.

Baca juga: IHSG Diprediksi Melemah Hari Ini, Simak Rekomendasi Sahamnya

Dikutip dari Coindesk, harga Bitcoin (BTC) berfluktuasi setelah Federal Reserve mengumumkan pengetatan moneter lebih lanjut pada hari Rabu. BTC sempat jatuh ke level 20.270 dollar AS dalam beberapa menit setelah pernyataan Fed, tetapi satu jam setelah pengumuman, harga bitcoin mulai bangkit.

"Pasar membenci ketidakpastian. Aset digital secara signifikan berkorelasi dengan pasar keuangan AS dalam beberapa bulan terakhir, yang keduanya terus melemah. Penurunan volatilitas ke bawah kemungkinan hanya akan dicapai dengan jeda atau pembalikan kebijakan dan arah Fed saat ini," kata Josh Olszewicz, kepala penelitian di Valkyrie.

Baca juga: Digugat Rp 5 Miliar karena Diduga Hilangkan Dokumen Nasabah, Ini Respons BRI

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual mata uang kripto. Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual mata uang kripto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com