Subsidi Elpiji 3 Kg Bakal Dialihkan ke Kompor Listrik, Sri Mulyani: Saya Harus Tanya ke Menteri ESDM...

Kompas.com - 16/06/2022, 16:45 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) bersama Kementerian ESDM menggodok rencana perubahan subsidi tabung LPG 3 kilogram menjadi subsidi kompor listrik.

Menanggapi hal itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak banyak bersuara. Dia mengaku akan menanyakan perubahan subsidi kepada Menteri ESDM, Arifin Tasrif.

"Saya mungkin harus tanya ke Menteri ESDM (Arifin Tasrif)," kata Sri Mulyani dalam arahan kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Baca juga: Subsidi Energi Naik 5 Kali Lipat, Belanja Negara Tembus Rp 3.000 Triliun Tahun Ini

Peralihan ini membuat nilai subsidi yang diberikan pemerintah lebih murah, dari Rp 11.000 untuk LPG 3 kilogram menjadi Rp 3.000 untuk kompor listrik.

PLN sendiri menargetkan ada tambahan 15 juta keluarga menggunakan kompor listrik.

Sebagai informasi, besaran nilai subsidi energi tiap tahun diatur oleh Kementerian Keuangan dan dikoordinasikan bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Baca juga: DEN Sarankan Pemakaian Kompor Listrik yang Energinya Lebih Murah Ketimbang Elpiji

Sebelumnya, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, wacana perubahan subsidi ini menjadi jalan keluar untuk kelebihan pasokan listrik.

Apalagi saat ini, beban subsidi energi makin besar karena kenaikan harga minyak mentah dunia akibat konflik Rusia-Ukraina.

"Kami menggodok program dengan pemerintah bagaimana tadinya subsidi LPG bisa direalokasi untuk mempercepat penggunaan kompor induksi baik ini untuk pembelian kompor listriknya, sehingga ada pergeseran dari LPG impor," kata Darmawan Prasodjo dalam RDP bersama Komisi VI DPR RI, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Lebih Hemat Pakai Kompor Listrik atau Gas? Begini Hitungan PLN

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.