Menjelajahi Wisma BCA Foresta, Gedung Baru yang Ramah Lingkungan

Kompas.com - 16/06/2022, 18:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Sentral Asia Tbk (BCA) memiliki gedung yang berbasis ramah lingkungan (green building) bernama Wisma BCA Foresta.

Kompas.com berkesempatan menjelajahi berbagai sudut gedung ramah lingkungan yang berada di Kawasan BSD, Tangerang tersebut pada Kamis (16/6/2022).

Gedung baru ini dibangun dengan konsep green building agar dapat menurunkan biaya operasional dan biaya pemeliharaan gedung.

SVP Logistic & Building BCA Victor Teguh Sutedja mengatakan, gedung ini dibangun dengan mengandeng konsultan energi asal Singapura.

"Mereka sudah berpengalaman untuk mendapatkan sertifikasi greenship dan di Singapura ini sudah cukup banyak gedung-gedung yang bersertifikasi," ujarnya saat Media Tour di Wisma BCA Foresta, Tangerang, Kamis (16/6/2022).

Baca juga: BCA Siapkan Rp 500 Miliar untuk Perkuat Keamanan Siber

Hemat energi

Dia menjelaskan, gedung Wisma BCA Foresta ini tidak hanya ramah lingkungan dari segi teknlogi yang digunakan, tetapi juga telah diperhitungkan dari desain awal gedung.

Desain gedung yang dibuat oleh konsultan tersebut betul-betul diperhitungkan dengan matang agar dapat mengefisiensikan pemakaian listrik.

Salah satunya penggunaan low energy glass untuk kaca-kaca yang dipasang di dinding luar gedung. Peletakan kaca dua lapis ini diperhitungkan dengan matang agar tidak banyak sinar matahari yang masuk ke dalam gedung.

Dengan penggunaan kaca low energy ini maka pemakaian listrik untuk air conditioner (AC) gedung dapat diminimalkan. Pasalnya, kata dia, hampir 70 persen penggunaan listrik di satu gedung perkantoran ialah untuk AC gedung.

"Jadi spesifikasi kaca ini khusus ada dua lapis, di tengahnya itu divakum udaranya sehingga bisa tahan panas dan sangat efisien. Inilah yang menyebabkan AC kita bisa sangat efisien," jelasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.