Debut Zulhas Jadi Mendag: Blusukan ke 2 Pasar, Syok Harga Serba Mahal

Kompas.com - 17/06/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Di hari keduanya menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan kembali turun ke pasar pada Jumat (17/6/2022). Kali ini dengan blusukan ke Pasar Koja, Jakarta Utara.

Sebelumnya di hari pertama usai dilantik menjadi orang nomor satu di Kementerian Perdagangan, Zulkifli Hasan juga melakukan sidak ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur.

Zulhas panggilan akrab Zulkifli Hasan menegaskan komitmennya untuk segera mengeksekusi perintah Presiden Jokowi mengendalikan harga-harga bahan pokok, terutama minyak goreng.

Dalam kunjuangannya ke pasar tradisional, Zulhas mengaku sangat terkejut dengan harga-harga barang kebutuhan pangan yang relatif cukup mahal sehingga memberatkan masyarakat.

Baca juga: Sederet Kontroversi Zulkifli Hasan saat Jadi Menteri Kehutanan era SBY

Dalam kunjungannya di Pasar Cibubur pada Kamis, 16 Juni 2022, ia ingin mengecek harga-harga bahan pokok dan ingin mendengarkan langsung kelah kesah para pedagang dan pembeli.

"Hari pertama bertugas sebagai Mendag, saya langsung sidak ke pasar. Mengecek harga-harga bahan pokok dan mendengarkan langsung keluh kesah para pedagang dan pembeli," kata Zulhas dalam keterangan resminya.

"Buat saya, sebelum rapat-rapat, saat ini justru ini yang penting. Saya dengarkan langsung tadi keluhan pedagang, masyarakat pembeli, harga-harga bahan pokok harus segera kita kendalikan dan cari solusinya. Kasihan rakyat," sambung dia.

Ia beberapa kali berdiskusi sembari menyerap keluhan para pedagang pasar. Ketum PAN ini juga mengaku cukup syok mendengar keluh kesah pedagang.

Baca juga: Pemprov DKI Terima Rp 60 Miliar Dividen dari Produsen Bir Anker

"Saya terus terang syok juga karena tadi pembelinya ngeluh yang dagang ngeluh dan itu kita tadi lihat langsung akibat harga kebutuhan bapok hampir semua naik. Hanya beras yang tidak (naik)," ujarnya.

Dia menyebut harga cabai rawit merah naik hampir 20-30 persen dari Rp 80.000 per kilogram jadi Rp 100.000 hingga Rp 110.000. per kilogram.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.