Pemerintah Akan Terapkan Cukai Plastik dan Minuman Berpemanis Tahun Depan

Kompas.com - 17/06/2022, 22:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan, akan memberlakukan cukai plastik dan minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) pada 2023.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, pada tahun ini pihaknya telah mengusulkan pemberlakuan cukai plastik dan MBDK.

Namun, mempertimbangkan kondisi ekonomi saat ini yang mulai pulih pasca pandemi Covid-19, pemungutan cukai tersebut akan diberlakukan tahun depan.

"Kita tetap punya mekanisme bahwa proposal (cukai plastik dan MBDK) itu tetap akan disampaikan ke RAPBN untuk 2023," ujarnya di Kantor Pusat DJBC, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Baca juga: Erick Thohir: Kita Nantikan Garuda Terbang Lebih Tinggi Setelah PKPU Disetujui Kreditur

Dia menjelaskan, ketimbang memaksimalkan penerimaan negara dengan memberlakukan jenis cukai baru, saat ini pemerintah cenderung lebih fokus pada pemulihan ekonomi negara.

Jangan sampai momentum pemulihan ekonomi seperti saat ini tidak dimanfaatkan dengan baik untuk memulihkan perekonomian seperti sebelum pandemi.

"Banyak aspek yang harus kita perhatikan. Jadi kita tidak semata-mata hanya mengejar penerimaan setinggi-tingginya tapi kemudian itu punya dampak yang negatif kepada ekonomi kita," ucapnya.

Lantaran masih baru diusulkan, pihaknya masih belum memiliki angka yang pasti terkait tarif dan potensi penerimaan negara dari pemungutan cukai plastik dan MBDK.

"Sebab angka ini tentunya harus dihitung kembali, kapan berlakunya, bagaimana bentuknya, itu yang nanti akan menentukan angkanya kemudian," jelasnya.

Baca juga: Kala Bos Garuda Terharu Tanggapi Hasil Voting Proposal Perdamaian...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.