Musim Pembagian Dividen Belum Usai, Simak Jadwalnya

Kompas.com - 20/06/2022, 11:24 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim pembagian dividen masih berlanjut hingga saat ini. Menjelang akhir bulan Juni 2022, beberapa emiten yang perusahaannya cukup familiar di masyarakat turut membagikan dividennya.

Misalnya perusahaan yang fokus pada produksi susu, PT. Cisarua Mountain Dairy (Cimory) dengan kode emiten CMRY yang baru saja melakukan IPO pada akhir tahun 2021 lalu. Kemudian, ada juga emiten yang fokus pada produksi kertas Indah Kiat Pulp and Paper (INKP), yang juga merupakan saham yang dikoleksi oleh investor Lo Kheng Hong.

Beberapa emiten juga menetapkan cum date atau tanggal terakhir bagi investor untuk memiliki saham tertentu, agar berhak mendapatkan pembagian dividen dari emiten tersebut, pada hari ini Senin (20/6/2022), seperti Pabrik Kertas Tjiwi Kimia (TKIM) dan juga INKP.

Baca juga: Bikin Sri Mulyani Jengkel, Ini Alasan Pemda Endapkan Dana di Bank

Nah, agar Anda masih berkesempatan mendapat cuan di akhir bulan Juni ini, penting untuk mengetahui jadwal pembagian dividen. Berikut jadwal pembagian dividen dalam waktu dekat:

1.TKIM

Emiten kertas yang juga merupakan bagian dari Grup Sinarmas PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk atau TKIM akan membagikan dividen tunai senilai 10 juta dollar AS, atau setara dengan Rp 148,2 miliar (kurs Rp 14.821 per dollar AS), yang diputuskan dalam RUPST pada 10 Juni 2022 lalu. Adapun nilai dividen per lembar saham yakni sebesar Rp 25, yang diambil dari laba bersih tahun 2021 sebesar 249 juta dollar AS.

Adapun jadwal pembagian dividen TKIM:

  • Tanggal Cum Dividen di Pasar Reguler & Pasar Negosiasi 20 Juni 2022
  • Tanggal Ex Dividen di Pasar Regular & Pasar Negosiasi 21 Juni 2022
  • Tanggal Cum Dividen di Pasar Tunai 22 Juni 2022
  • Tanggal Ex Dividen di Pasar Tunai 22 Juni 2022
  • Tanggal Pencatatan (Recording Date) 22 Juni 2022
  • Tanggal Pembayaran Dividen Tunai 14 Juli 2022
  • Tanggal Penyerahan bukti rekam SKD/DGT 27 Juni 2022

Baca juga: Ini Pemda yang Dananya Mengendap di Bank, Ada DKI, Aceh hingga Jabar

2. INKP

Emiten kertas, yang juga merupakan bagian dari PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) juga akan menebar dividen dalam waktu dekat senilai 18,80 juta dollar AS atau setara Rp 278,6 miliar. Pembagian dividen itu telah disepakati dalam RUPST pada Jumat 10 Juni 2022 lalu, dan memutuskan membagikan dividen Rp 50 per lembar saham.

Adapun jadwal pembagian dividen INKP:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.