Kompas.com - 20/06/2022, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengapresiasi pemerintah yang telah menangani dengan baik penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022.

"Kami sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada MenPUPR, Menhub, Kepala Basarnas dan BMKG serta Kakorlantas yang melaksakan dengan baik angkutan Lebaran tahun 2022," ujar Ketua Komisi V DPR RI Lasarus dalam keterangan tertulis, Senin (20/6/2022).

Dalam rapat kerja dan rapat dengar pendapat tentang evaluasi pelaksanaan Angkutan Lebaran 2022 hari ini, Komisi V DPR RI memberikan sejumlah saran kepada pemerintah dan stakeholder terkait guna meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan di bidang infrastruktur dan transportasi.

Baca juga: Menhub Ungkap 2 Titik Krusial Selama Pelaksanaan Mudik Lebaran 2022

Saran tersebut antara lain meningkatkan pengawasan kelaikan kendaraan bermotor, kapal dan pesawat, penyediaan sarana dan prasarana penerangan jalan umum, peningkatan pelayanan di jalan tol dan optimalisasi tempat istirahat dan pelayanan rest area, pengaturan tiket elektronik, sosialisasi rekayasa lali, dan sosialisasi cuaca secara masif kepada masyarakat.

"Kami mengajak Kemenhub untuk melakukan kajian skema kebijakan transportasi penanganan arus mudik dan arus balik sebagai bahan masukan penanganan serupa di tahun mendatang," ucapnya.

Baca juga: Cegah Penumpukan Kendaraan Saat Mudik dan Nataru, Pemerintah Tambah Kantong Parkir di Rest Area

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, secara umum pelaksanaan angkutan lebaran tahun 2022 berjalan dengan baik.

Hal tersebut dilihat dari hasil survey SMRC yang mengatakan 76,4 persen masyarakat puas atas kerja pemerintah dalam mengelola angkutan lebaran tahun 2022.

"Presiden juga memberikan catatan dan menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh stakeholder termasuk DPR yang sudah melaksanakan dengan baik," kata dia.

Baca juga: Kemenhub Akan Tambah Anggaran Mudik Gratis Tahun Depan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.