Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR RI Apresiasi Mudik Lebaran 2022 Berlangsung dengan Baik

Kompas.com - 20/06/2022, 20:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengapresiasi pemerintah yang telah menangani dengan baik penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022.

"Kami sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada MenPUPR, Menhub, Kepala Basarnas dan BMKG serta Kakorlantas yang melaksakan dengan baik angkutan Lebaran tahun 2022," ujar Ketua Komisi V DPR RI Lasarus dalam keterangan tertulis, Senin (20/6/2022).

Dalam rapat kerja dan rapat dengar pendapat tentang evaluasi pelaksanaan Angkutan Lebaran 2022 hari ini, Komisi V DPR RI memberikan sejumlah saran kepada pemerintah dan stakeholder terkait guna meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan di bidang infrastruktur dan transportasi.

Baca juga: Menhub Ungkap 2 Titik Krusial Selama Pelaksanaan Mudik Lebaran 2022

Saran tersebut antara lain meningkatkan pengawasan kelaikan kendaraan bermotor, kapal dan pesawat, penyediaan sarana dan prasarana penerangan jalan umum, peningkatan pelayanan di jalan tol dan optimalisasi tempat istirahat dan pelayanan rest area, pengaturan tiket elektronik, sosialisasi rekayasa lali, dan sosialisasi cuaca secara masif kepada masyarakat.

"Kami mengajak Kemenhub untuk melakukan kajian skema kebijakan transportasi penanganan arus mudik dan arus balik sebagai bahan masukan penanganan serupa di tahun mendatang," ucapnya.

Baca juga: Cegah Penumpukan Kendaraan Saat Mudik dan Nataru, Pemerintah Tambah Kantong Parkir di Rest Area

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, secara umum pelaksanaan angkutan lebaran tahun 2022 berjalan dengan baik.

Hal tersebut dilihat dari hasil survey SMRC yang mengatakan 76,4 persen masyarakat puas atas kerja pemerintah dalam mengelola angkutan lebaran tahun 2022.

"Presiden juga memberikan catatan dan menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh stakeholder termasuk DPR yang sudah melaksanakan dengan baik," kata dia.

Baca juga: Kemenhub Akan Tambah Anggaran Mudik Gratis Tahun Depan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com