BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Gojek

Tips Jajan Hemat di Akhir Bulan, Bisa Pakai GoPay Coins

Kompas.com - 21/06/2022, 16:46 WIB

KOMPAS.com – Akhir bulan kerap menjadi waktu yang tidak menyenangkan bagi para karyawan. Sebab, rekening tabungan biasanya mulai menipis menjelang akhir bulan. Tak heran, banyak karyawan sudah mulai berhemat pada pertengahan bulan.

Saat di kantor, misalnya, mereka memilih membawa bekal dari rumah untuk menghemat pengeluaran. Mereka juga mengurangi jatah jajan sehari-hari, seperti membeli kopi kekinian atau camilan viral.

Sebenarnya, Anda bisa memakai cara lain untuk bisa menikmati jajanan favorit sembari menghemat. Berikut adalah empat cara jajan hemat yang bisa Anda praktikkan.

1. Pilih jajanan dengan harga terjangkau

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih jajanan dengan harga terjangkau dengan rasa yang tak kalah dengan camilan mahal.

Sebagai alternatif, Anda bisa membeli jajanan dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Terlebih, ada banyak pilihan makanan dan minuman buatan pelaku UMKM yang tak kalah enak dengan restoran ternama.

Baca juga: 200 Pelaku UMKM Antusias ikut Pelatihan Konten Digital Kompas.com dan KemenKopUKM

Saat memilah-milah jajanan tersebut, jangan lupa cek rating dan testimoni dari pelanggan sebelumnya ya. Dengan begitu, Anda tidak salah pilih jajanan murah. Anda pun bisa menikmati makanan ala restoran dengan harga hemat di akhir bulan.

2. Manfaatkan promo di platform digital

Setelah memilih jajanan dengan harga terjangkau, Anda bisa membelinya dengan menggunakan promo atau kupon diskon dari platform belanja digital.

Biasanya, penyedia layanan pesan antar makanan atau platform marketplace menawarkan berbagai produk dengan harga spesial. Misalnya, paket bundling, voucer diskon, atau gratis ongkos kirim (ongkir).

Selain itu, pelaku UMKM yang tergabung dalam layanan pesan antar makanan juga kerap menawarkan berbagai promosi untuk menarik para kosumen.

Dengan memanfaatkan promosi tersebut, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk jajan di akhir bulan.

3. Pesan jajanan bareng teman

Jika sudah menemukan promo atau voucer jajanan dengan harga terjangkau, Anda bisa mengajak beberapa teman untuk memesan bersama.

Baca juga: Ingin Jajan Selama PPKM Darurat? Intip Tips Aman Pesan Makanan Online

Akan lebih hemat lagi jika Anda dan teman-teman memilih produk kuliner yang sudah dibuat dalam satu paket. Produk ini biasanya punya harga khusus yang lebih murah ketimbang beli secara ala carte.

Selain itu, Anda juga dapat menghemat biaya penanganan aplikasi dan ongkir karena ditanggung bersama.

4. Bayar dengan GoPay Coins

Bila memesan jajanan di layanan pesan antar makanan GoFood milik Gojek, Anda bisa menghemat dengan membayar menggunakan GoPay Coins.

GoPay Coins sendiri adalah sistem poin universal dalam bentuk saldo cashback yang diberikan sebagai reward kepada pengguna setelah menyelesaikan transaksi.

Anda bisa menggunakan GoPay Coins untuk membayar transaksi secara penuh jika saldo koin mencukupi atau sebagai potongan pembayaran. Sebelum digunakan, pastikan metode pembayaran memakai GoPay Coins sudah aktif di aplikasi Gojek Anda.

Adapun nilai tukar 1 GoPay Coins setara dengan Rp 1. GoPay Coins memiliki masa kedaluwarsa hingga akhir tahun berikutnya. Jadi, jika Anda memiliki GoPay Coins pada 2022, koin reward tersebut akan kedaluwarsa pada 31 Desember 2023.

Baca juga: Apa Itu GoPay Coins Tokopedia? Begini Cara Menggunakannya untuk Belanja

Selain dapat digunakan untuk pemesanan GoFood, GoPay Coins juga bisa digunakan untuk layanan GoCar, GoRide, GoBluebird, dan GoSend. GoPay Coins juga bisa digunakan untuk bertransaksi di Tokopedia.

Diberitakan Kompas.com, Kamis (9/6/2022), Chief Marketing Officer GoPay Fibriyani Elastria mengatakan bahwa GoPay Coins tidak dapat ditransfer atau diuangkan. Ketentuan ini ditetapkan untuk memaksimalkan keuntungan cashback dan mencegah penyalahgunaan transaksi.

“Harapannya, pengguna dapat bertransaksi dengan lebih aman dan efisien serta bisa memaksimalkan keuntungan yang disediakan oleh berbagai layanan di ekosistem GoTo,” ujar Fibri.

Sebagai informasi, GoPay Coins bisa didapatkan setelah pengguna menyelesaikan pesanan di layanan GoCar, GoRide, GoBluebird, GoFood, dan GoSend. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan GoPay Coins melalui kode voucer.

Baca juga: Jelang Lebaran, GoFood Perkuat Bisnis Pesan Antar Makanan

Untuk mendapatkan cashback GoPay Coins hingga 17.000 koin, gunakan kode voucer GOJEKINAJA saat memesan GoCar dan GoRide. Anda juga bisa menggunakan kode voucer GOSENDCASHBACK untuk mendapatkan cashback GoPay Coins hingga 18.000 koin dari layanan GoSend.

Sementara itu, tiap pemesanan GoFood, Anda akan mendapatkan cashback hingga 40.000 GoPay Coins.

Begitu pula dengan transaksi belanja di Tokopedia, Anda juga bisa mendapatkan cashback 20 persen GoPay Coins hingga 20.000 koin dengan pembayaran GoPay atau GoPaylater. Semua promo tersebut berlaku dari 8-30 Juni 2022.

Itulah empat cara yang bisa Anda ikuti agar dapat jajan hemat di akhir pekan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai GoPay Coins, silakan klik tautan berikut ini.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.