Penyebab Vale Indonesia Absen Bagikan Dividen Tahun Ini

Kompas.com - 22/06/2022, 08:30 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Selasa (21/6/2022). Adapun beberapa agenda RUPST mencakup soal dividen, sampai dengan perombakan jajaran direksi dan komisaris.

Direktur Keuangan Vale Indonesia Bernardus Irmanto mengatakan, perseroan tidak membagikan dividen pada tahun ini. Hal ini karena perusahaan tengah membutuhkan modal kerja untuk pengembangan beberapa proyek yang tengah berjalan saat ini.

“Dengan pertimbangan kebutuhan belanja modal untuk 3 proyek berjalan di Bahodopi, Pomalaa dan Sorowako, serta modal kerja Perseroan di tahun-tahun yang akan datang, pemegang saham menyetujui bahwa tidak terdapat dividen yang akan dibayarkan kepada para pemegang saham untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2021,” kata Bernardus di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Baca juga: Bitcoin dkk Kembali Bangkit, Cek Harga Kripto Hari Ini

Pada RUPST tersebut, pemegang saham juga menyetujui pengunduran diri Dani Widjaja sebagai Direktur dan Hendi Prio Santoso sebagai Wakil Presiden Komisaris Perseroan, yang masing-masing berlaku efektif pada tanggal 30 April 2022 dan 31 Mei 2022.

Dengan memperhatikan surat-surat dari para pemegang saham Perseroan tentang Pencalonan Anggota Dewan Komisaris dan Komite Mitigasi Risiko dan tentang Nominasi Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris dan Komite Tata Kelola, Nominasi dan Remunerasi, maka Perseroan memberikan usulan kepada pemegang saham.

Usulan tersebut yaitu pengangkatan Muhammad Rachmat Kaimuddin sebagai Wakil Presiden Komisaris dan Yusuke Niwa sebagai Komisaris Perseroan menggantikan Nobuhiro Matsumoto, terhitung sejak penutupan Rapat sampai dengan penutupan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024. Dengan demikian, komposisi Direksi adalah sebagai berikut:

Baca juga: Wall Street Ditutup di Zona Hijau, Saham–saham Energi Terbang

Dewan Direksi Vale Indonesia

  • Presiden Direktur : Febriany Eddy
  • Wakil Presiden Direktur : Adriansyah Chaniago
  • Direktur : Bernardus Irmanto
  • Direktur : Vinicius Mendes Ferreira

Dewan Komisaris Vale Indonesia

  • Presiden Komisaris : Deshnee Naidoo
  • Wakil Presiden Komisaris : Muhammad Rachmat Kaimuddin
  • Komisaris : Luiz Fernando Landeiro
  • Komisaris : Fabio Ferraz
  • Komisaris : Yusuke Niwa
  • Komisaris : Dadan Kusdiana
  • Komisaris : Alexandre Silva D'Ambrosio
  • Komisaris Independen : Raden Sukhyar
  • Komisaris Independen : Rudiantara
  • Komisaris Independen : Dwia Aries Tina Pulubuhu

Baca juga: Mentan Ajak Negara-negara di Dunia Tekan Food Loss and Waste

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.