Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Tagihan Kartu Kredit padahal Tidak Transaksi? Waspada Carding

Kompas.com - 22/06/2022, 11:30 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Praktik kejahatan yang menyasar nasabah perbankan semakin beragam bentuknya. Salah satu praktik kejahatan yang telah lama beredar ialah carding.

Istilah carding sempat ramai dibicarakan pada awal 2020. Pada saat itu, terjadi kasus pembobolan kartu kredit yang dilakukan oleh agen travel dengan menggunakan carding.

Carding bisa sangat merugikan nasabah perbankan yang memiliki kartu kredit. Pasalnya tanpa diketahui nasabah, pelaku carding bisa melakukan transaksi menggunakan kartu kredit nasabah.

Sebenarnya apa itu carding? Bagaimana bahaya carding dan cara mencegahnya? Simak penjelasan lengkap berikut ini:

Apa itu carding?

Dilansir dari akun resmi Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika, carding merupakan tindakan kejahatan dengan melakukan transaksi atau belanja menggunakan nomor dan kartu orang lain. Pelaku biasanya mendapatkan data ini secara ilegal.

Baca juga: Lewat Usaha Toko Kelontong, Dadan Subandi Bisa Sekolahkan Anaknya hingga ke Perguruan Tinggi

Dari praktik kejahatan tersebut, korban bisa secara tiba-tiba mendapatkan tagihan, padahal tidak berbelanja apa pun. Ini bisa terjadi karena pelaku atau carder berhasil mencuri data kartu kredit korban dan menggunakannya untuk berbelanja.

Dilansir dari situs sikapiuangmu.ojk.go.id, setidaknya terdapat 4 jenis kejahatan carding. Keempat praktik kejahatan tersebut ialah, penyalahgunaan kartu, wiretapping, counterfeiting, dan pishing.

1. Penyalahgunaan kartu

Penyalahgunaan kartu kredit yang tidak dipresentasikan, merupakan kejadian dimana pengguna kartu kredit tidak menyadari kartunya sudah digunakan oleh pihak lain sampai Ia menerima tagihan tersebut.

2. Wiretapping

Modus ini dilakukan dengan cara menyadap transaksi kartu kredit melalui jaringan komunikasi. Kejahatan ini bisa mengakibatkan kerugian yang besar bagi korbannya.

Baca juga: Beli Kendaraan Listrik, Bagaimana After Sales-nya?

3. Counterfeiting 

Ini adalah jenis kejahatan dengan modus pemalsuan kartu kredit. Biasanya mereka menggunakan kartu palsu yang dibuat sedemikian mirip dengan kartu asli.

Carding jenis ini biasanya dilakukan oleh perorangan hingga sindikat pemalsu kartu kredit yang memiliki keahlian tertentu.

4. Pishing 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com