Hasil Sidak Mendag Zulhas ke Pasar Klender: Minyak Goreng Rp 14.000, Gampang Dicari

Kompas.com - 22/06/2022, 20:36 WIB

KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah penjual minyak goreng di pasar untuk memastikan harga sesuai Rp 14 ribu per liter dan tanpa antrean.

"Alhamdulillah kita sudah saksikan tadi di Jakarta, di mana-mana minyak itu stabil harganya Rp 14 ribu. Dan saya sudah cek, sudah monitor memang sudah tidak ada antrean," kata Zulhas dikutip dari Antara, Rabu (22/6/2022).

Ia mengunjungi tiga toko yang menjual minyak goreng program pemerintah seharga Rp 14 ribu per liter di bilangan Klender Jakarta Timur, yaitu Toko Cahaya yang berada di daerah permukiman di Klender, Toko Nadia yang berada di Jalan Bekasi Timur Raya, dan Toko Zulkifli yang berada di Pasar Klender.

Dalam kunjungannya tersebut, Ketum PAN ini mengecek ketersediaan stok di pedagang aman untuk disalurkan kepada masyarakat. Selain itu, Zulhas juga memastikan harga jual tetap di Rp 14 ribu per liter atau Rp 15 ribu per kg.

Baca juga: Sederet Kontroversi Zulkifli Hasan saat Jadi Menteri Kehutanan era SBY

"Ketersediaannya ada, barangnya ada, bahkan lebih. Dengan harga Rp 14 ribu per liter," kata Zulhas.

Zulhas menyebutkan minat masyarakat sangat tinggi dalam membeli program minyak curah seharga Rp 14 ribu per liter dilihat dari hasil penjualan di pedagang.

Untuk Toko Cahaya yang berlokasi di daerah permukiman penduduk, minyak goreng Rp 14 ribu per liter terjual sebanyak 180 liter dalam empat hari.

Untuk Toko Nadia yany lokasinya berada di pinggir jalan raya, minyak goreng terjual 180 liter dalam sehari. Sementara Toko Zulkifli yang lokasinya ada di dalam Pasar Klender bisa menjual 270 liter dalam sehari.

Baca juga: Masa Lalu Mendag Zulhas dan Banyaknya Alih Fungsi Hutan Jadi Sawit

Minyak goreng curah seharga Rp 14 ribu per liter atau Rp 15 ribu per kg tersebut bisa dibeli pada toko atau warung pangan dengan spanduk khusus.

Zulhas mengatakan saat ini terdapat 13.968 toko atau warung pangan yang menjual minyak goreng seharga Rp 14 ribu per liter di 22 provinsi Indonesia. Jumlah itu akan terus bertambah untuk meningkatkan akses pangan kepada seluruh masyarakat Indonesia, katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.