Gelar Lagawi Fest, Kemenperin Ajak Masyarakat Beli Produk Lokal

Kompas.com - 23/06/2022, 15:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI), Pemerintah Provinsi Lampung, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menggelar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia alias Gernas BBI di Provinsi Lampung dengan tema Lagawi Fest, Lampung Bangga Wirausaha Industri dengan tagline “Satu Bumi Juta Karya”.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu strategi pemerintah untuk menaikkan jumlah industri kecil dan menengah (IKM) serta meningkatkan permintaan produk artisan Indonesia khususnya produk IKM Lampung.

"Sebagai campaign manager Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Kementerian Perindustrian menyelenggarakan Lagawi Fest 2022. Ini salah satu bentuk dukungan kami terhadap pelaku IKM daerah Lampung," ujar Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutan di Puncak Acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia LAGAWIFEST 2022, Lampung yang disiarkan virtual, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Penyebab Sri Lanka Bangkrut hingga Tak Bisa Beli BBM

Menperin Agus juga mengatakan, selama 3 bulan terakhir Kemenperin telah melakukan pendampingan intensif kepada 30 IKM terpilih bersama pemerintah provinsi kabupaten dan kota Lampung, juga bersama Bank Indonesia dan OJK,

Top brand serta marketplace untuk meningkatkan literasi digital mengembangkan kemampuan bisnis serta meningkatkan penjualan produk.

"Kemudian, setelah melalui rangkaian pendampingan dan penilaian, terpilihlah 5 IKM champions dengan penjualan terbanyak dan kriteria unggulan lainnya. Inilah bukti IKM Lampung layak menjadi brand yang kuat di tanah air," terang Agus.

Demi membangun rasa Bangga Buatan Indonesia, Agus mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk belanja produk UMKM, berwisata di dalam negeri dan selalu bangga hasil karya Indonesia dalam keseharian.

"Kita bangkit bersama dengan Bangga Buatan Indonesia," pungkasnya.

Baca juga: Sederet Alasan Starbuck Gagal di Australia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.