Sandiaga Uno Sebut Metaverse Berpotensi Buka Lapangan Kerja, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 24/06/2022, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno beberapa waktu lalu menyebutkan, potensi metaverse di Indonesia cukup besar untuk meningkatkan peluang aktivitas usaha, sehingga bisa membuka lapangan kerja baru.

"Indonesia memiliki potensi luar biasa dan ini jadi peluang usaha kita untuk bisa meningkatkan aktivitas pembiayaan dan usaha. Sehingga bisa membuka lapangan kerja baru dan salah satunya di space Metaverse ini," ujar dia beberapa waktu lalu, dikutip Jumat (24/6/2022).

Sebagai salah satu pelaku industri, CEO Indodax Oscar Darmawan menjelaskan, blockchain, seperti metaverse dan NFT, merupakan hal yang lumrah di masyarakat.

Baca juga: Membangun Metaverse secara Berkelanjutan dengan Edge Computing

Namun Ia menyayangkan, saat ini masyarakat hanya mengenal metaverse, kripto, ataupun NFT karena sebatas keramaian yang terjadi baru-baru ini.

Padahal, menurutnya dunia kripto sangat luas, di mana masyarakat bisa mengenal teknologi blockchain yang mampu mendukung aktivitas perdagangan kripto, NFT, metaverse, hingga DeFi.

Sebagaimana diketahui, metaverse merupakan sebuah teknologi baru yang bisa mengantarkan orang ke dalam dunia virtual, sehingga dinilai dapat memudahkan banyak orang dan industri, terutama industri kreatif.

Baca juga: OJK Sebut Potensi Bisnis Metaverse Capai Rp 21.500 Triliun Pada 2030

"Karena memang, metaverse ini akan memiliki use case yang bisa berguna untuk berbagai macam industri meskipun saat ini, use case metaverse yang terkenal baru sebatas di bidang gaming," ujar Oscar, dalam keterangannya.

Untuk mendukung pemanfaatan potensi tersebut, Oscar bilang, pengembang atau developer blockchain siap untuk mengembangkan metaverse sesuai arahan pemerintah.

Dia juga berharap pemerintah bisa bersama-sama berkolaborasi dan mendukung terlaksananya hal ini dengan memberikan regulasi yang jelas, serta dukungan infrastruktur yang memadai.

"Kami siap untuk berkolaborasi dengan pihak manapun untuk membangun, mengembangkan dan mengokohkan ekosistem ini. Indodax mendukung dengan memberikan edukasi kepada masyarakat awam seperti apa yang sudah Indodax lakukan selama ini," ucap dia.

Baca juga: Sandiaga Uno: Siap–siap Guys, Äkan Ada Banyak Peluang Lapangan Kerja Baru di Metaverse

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.