Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 3 Wanita Terkaya di Indonesia 2022 versi Forbes

Kompas.com - 24/06/2022, 19:13 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia 2022. Dari data tersebut, terdapat pengusaha wanita yang memiliki kekayaan hingga puluhan triliunan rupiah sehingga masuk daftar orang terkaya di Indonesia.

Adapun wanita terkaya di Indonesia tahun 2022 adalah Marina Budiman. Pengusaha berusia 60 tahun ini memiliki kekayaan sekitar 1,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 20,8 triliun dan menduduki posisi ke-22 orang terkaya di Indonesia.

Selain Marina Budiman, ada 2 pengusaha wanita lainnya yang juga masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Keduanya yakni Arini Subianto dan Kartini Muljadi.

Baca juga: Terus Tumbuh, Jumlah Investor Kripto di Indonesia Capai 14 Juta

Terkait daftar orang terkaya ini, Forbes menyusun berdasarkan komposisi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan perorangan, bursa saham, analis, dan sumber-sumber lainnya.

Jumlah kekayaan juga memperhitungkan kepemilikan saham yang dimiliki di berbagai perusahaan. Peringkat orang terkaya Indonesia tersebut mencantumkan kekayaan individu dan keluarga, termasuk yang dibagi di antara kerabat.

Daftar wanita terkaya di Indonesia 2022

Berikut daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2022 dari kalangan wanita sebagaimana dikutip dari laman Forbes:

Baca juga: Percepat Konversi Motor BBM ke Listrik, ESDM, PLN, dan Pertamina Berkolaborasi

1. Marina Budiman

Marina Budiman termasuk pendatang baru di daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Kekayaannya ditaksir mencapai 1,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 20,8 triliun.

Bisnis yang digeluti Marina Budiman hingga bisa masuk ke jajaran orang terkaya di Indonesia adalah perusahaan pusat data, PT DCI Indonesia (DCII). Marina Budiman merupakan presiden komisaris perusahaan ini.

PT DCI Indonesia (DCII) sendiri adalah perusahaan yang didirikan oleh Marina Budiman bersama Otto Toto Sugiri pada 2011 lalu.

Dikutip dari situs resminya, DCII adalah perusahaan penyedia data center terkemuka di Indonesia. Didirikan sebagai pemicu bagi komunitas bisnis, DCII menyediakan layanan infrastruktur pusat data cloud dan operator netral yang handal, berjejaring dengan baik, dan dikelola dengan baik di Indonesia.

Baca juga: Aset Tommy Soeharto Tidak Laku Dilelang, Pemerintah Tak Patah Arang

Menjadi pusat data Tier-IV pertama di Asia Tenggara, DCII hadir untuk menyediakan layanan pusat data kelas dunia.

DCI adalah pusat data yang sengaja dibangun dengan total lahan 8,5 hektare. Sebagai perusahaan yang sedang berkembang, DCII terus meningkatkan pelayanan dan menambah gedung dengan total daya 300 MegaWatt. DCII mengamankan dan menjaga aset berharga pelanggannya tersedia setiap saat.

Sebelumnya, Marina Budiman pernah bekerja di Bank Bali pada tahun 1985 dan bergabung dengan Sigma Cipta Caraka pada tahun 1989. Kemudian, pada tahun 1994 Marina Budiman mendirikan Indonet, penyedia layanan internet pertama di Indonesia.

Daftar perempuan terkaya di Indonesia tahun 2021 versi ForbesForbes Daftar perempuan terkaya di Indonesia tahun 2021 versi Forbes

2. Arini Subianto

Di posisi kedua orang terkaya di Indonesia dari kalangan wanita adalah Arini Subianto. Berdasarkan data Forbes, pengusaha berusia 51 tahun ini memiliki kekayaan 975 juta dollar AS atau sekitar Rp 14,4 triliun.

Arini Subianto meneruskan bisnis perusahaan ayahnya bernama Benny Subianto yang wafat pada Januari 2017 lalu. Bernama lengkap Arini Saraswaty Subianto, ia adalah bos dari Persada Capital Investama yang bergerak di sektor perkebunan sawit, investasi, pertambangan batu bara, dan pengolahan kayu.

Baca juga: Meroket 222 Persen, Jasa Marga Raup Laba Bersih Rp 1,62 triliun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com