Daftar 3 Wanita Terkaya di Indonesia 2022 versi Forbes

Kompas.com - 24/06/2022, 19:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia 2022. Dari data tersebut, terdapat pengusaha wanita yang memiliki kekayaan hingga puluhan triliunan rupiah sehingga masuk daftar orang terkaya di Indonesia.

Adapun wanita terkaya di Indonesia tahun 2022 adalah Marina Budiman. Pengusaha berusia 60 tahun ini memiliki kekayaan sekitar 1,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 20,8 triliun dan menduduki posisi ke-22 orang terkaya di Indonesia.

Selain Marina Budiman, ada 2 pengusaha wanita lainnya yang juga masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Keduanya yakni Arini Subianto dan Kartini Muljadi.

Baca juga: Terus Tumbuh, Jumlah Investor Kripto di Indonesia Capai 14 Juta

Terkait daftar orang terkaya ini, Forbes menyusun berdasarkan komposisi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan perorangan, bursa saham, analis, dan sumber-sumber lainnya.

Jumlah kekayaan juga memperhitungkan kepemilikan saham yang dimiliki di berbagai perusahaan. Peringkat orang terkaya Indonesia tersebut mencantumkan kekayaan individu dan keluarga, termasuk yang dibagi di antara kerabat.

Daftar wanita terkaya di Indonesia 2022

Berikut daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2022 dari kalangan wanita sebagaimana dikutip dari laman Forbes:

Baca juga: Percepat Konversi Motor BBM ke Listrik, ESDM, PLN, dan Pertamina Berkolaborasi

1. Marina Budiman

Marina Budiman termasuk pendatang baru di daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Kekayaannya ditaksir mencapai 1,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 20,8 triliun.

Bisnis yang digeluti Marina Budiman hingga bisa masuk ke jajaran orang terkaya di Indonesia adalah perusahaan pusat data, PT DCI Indonesia (DCII). Marina Budiman merupakan presiden komisaris perusahaan ini.

PT DCI Indonesia (DCII) sendiri adalah perusahaan yang didirikan oleh Marina Budiman bersama Otto Toto Sugiri pada 2011 lalu.

Dikutip dari situs resminya, DCII adalah perusahaan penyedia data center terkemuka di Indonesia. Didirikan sebagai pemicu bagi komunitas bisnis, DCII menyediakan layanan infrastruktur pusat data cloud dan operator netral yang handal, berjejaring dengan baik, dan dikelola dengan baik di Indonesia.

Baca juga: Aset Tommy Soeharto Tidak Laku Dilelang, Pemerintah Tak Patah Arang

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.