Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Zulhas Klaim Migor Curah Rp 14.000 Sudah Tersedia di Mana-mana

Kompas.com - 25/06/2022, 11:35 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengklaim minyak goreng (migor) curah Rp 14.000 per liter sudah tersedia di banyak lokasi.

Zulhas kembali blusukan ke sejumlah titik penjualan minyak goreng curah rakyat (MGCR) yang berada di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu,(25/6/2022). Di sana, ia meninjau stock point minyak goreng curah rakyat.

Stock point minyak goreng curah rakyat atau MGCR ini disediakan dalam bentuk toren untuk pedagang dan masyarakat. Stock point minyak goreng curah rakyat ini disediakan oleh Holding BUMN Pangan ID Food berkerja sama dengan Pasar Jaya.

"Di Jawa Barat dan di Jakarta saya sudah datangi pasar, banyak di mana-mana minyak goreng belum dua minggu Rp 14.000 ada barangnya. Kalau (yang) satu kilo Rp 15.500," kata Zulhas seusai melakukan sidak.

Baca juga: Cara Naik KRL Tanpa Kartu Uang Elektronik, Bisa Pakai Aplikasi Gojek dan LinkAja

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini melanjutkan, jika keberadaan stock point minyak goreng curah rakyat akan memudahkan masyarakat dalam membeli minyak goreng curah rakyat.

"Ada contohnya ini penampung (toren) kalau di pasar orang tinggal datang dan ambil," ujarnya.

Dalam sidaknya, Zulhas juga mendatangi, Toko Japang dan Toko Beras Famili yang merupakan warung pangan di Pasar Kramat Jati Jakarta Timur. Zulhas memastikan, ketersedian minyak goreng di Pasar Kramat Jati aman terkendali.

"(Di Pasar Kramat Jati) hampir tiap toko ada yang (minyak goreng curah) Rp 14.000," kata dia.

Aksi Zulhas blusukan ke pasar bukan pertama kalinya dilakukan. Sebelumnya saat hari pertama menjabat sebagai Mendag, dia menuju pasar-pasar di area Jabodetabek.

Baca juga: Janji Mendag, Minyak Goreng Rp 14.000 Bakal Ada di Rak Supermarket

Daalam pemberitaan sebelumnya, Zulhas menjanjikan masyarakat umum bisa membeli minyak goreng curah seharga Rp 14.000 per liter kemasan sederhana di pasaran.

Zulhas juga kembali menegaskan akan berupaya menstabilkan harga kebutuhan pokok, khususnya minyak goreng curah dalam waktu dua minggu, dari target semula satu bulan.

"Saudara-saudara, ini hari Kamis, seminggu saya (jadi mendag). Saya janji target sebulan, tapi saya yakin dua minggu, harga minyak goreng curah Rp 14.000 stabil, aman, di mana-mana, dua minggu gitu," bebernya.

Baca juga: Beli Minyak Goreng Curah Akan Dibatasi Maksimal 10 Kg Per NIK Per Hari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com