Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar Shopee Affiliate Program dan Beragam Keuntungannya

Kompas.com - 25/06/2022, 11:45 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Jika ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah, tidak ada salahnya untuk mencoba daftar Shopee Affiliate Program atau Affiliate Shopee.

Shopee Affiliates Program adalah program untuk mendapatkan pengasilan tambahan dengan menjadi content creator yang mempromosikan berbagai macam produk di media sosial.

Untuk bisa mengikuti Shopee Affiliate Program tidak dibutukan minimal jumlah followers media sosial.

Peserta Shopee Afilliate Program ini bebas berkreasi dalam membuat konten sesuai dengan yang diinginkan. Namun harus sesuai ketentuan Shopee Affiliate Program seperti bukan konten akun penjual atau toko produk tersebut.

Baca juga: Tahapan Cara Cek BI Checking atau SLIK OJK via Online

Sebagai imbalannya, peserta Shopee Affiliate Program adalah diberikan komisi 2,5 persen hingga 10 persen oleh Shopee jika berhasil mempromosikan produk ke penonton sosial medianya.

Komisi Shopee Affiliate Program ini sebagai bayaran karena telah membantu pelanggan Shopee untuk menemukan produk yang dipromosikan dengan menyantumkan tautan ke toko Shopee.

Lantas, bagaimana cara daftar Shopee Affiliate Program?

Daftar Shopee Affiliate Program

Syarat untuk menjadi peserta Shopee Affiliate Program adalah memiliki akun media sosial yang aktif di YouTube, Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya.

Shopee Affiliate Program adalah program konten untuk mempromisikan produk di Shopee (Affiliate Shopee), cara daftar Shopee AffiliateDok. Shutterstock/RossiAgung Shopee Affiliate Program adalah program konten untuk mempromisikan produk di Shopee (Affiliate Shopee), cara daftar Shopee Affiliate

Akun media sosial juga harus terbuka untuk umum atau tidak dikunci (private). Akun media sosial dan akun Shopee yang akan didaftarkan merupakan akun pribadi bukan akun toko atau penjual.

Selain itu, pastikan juga telah mengaktifkan ShopeePay agar bisa menerima pembayaran komisi dari Shopee Affiliates Program atau Affiliate Shopee.

Jika sudah memenuhi syarat di atas, maka peserta Shopee Affiliate Program bisa langsung melakukan pendaftaran Shopee Affiliates Program di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Eigendom, Bukti Kepemilikan Tanah Warisan Belanda

Mengutip situs resmi Shopee, cara daftar Shopee Affiliates Program adalah sebagai berikut:

  1. Buka link pendaftaran Shopee Affiliates Progarm.
  2. Daftarkan diri sebagai affiliates berbayar dalam Shopee Affiliates Program.
  3. Nantinya pada laman awal Affiliate Shopee Anda perlu mengisi informasi akun seperti tipe akun, nama, sapaan, negara dan wilayah, kota alamat, kode pos, nomor telepon dan alamat email Anda.
  4. Tunggu hingga maksimal tiga hari kerja untuk mendapatkan e-mail konfirmasi keikutsertaan Shopee Affiliate Program
  5. Setelah terdaftar Shopee Affiliate Program, pilih produk dari toko Star, Star+, atau Shopee Mall yang akan dipromosikan di media sosial.
  6. Pada halaman produk yang akan dipromosikan, klik salin tautan untuk mendapatkan custom link seperti https://shp.ee
  7. Sebarkan custom link tersebut di akun media sosialmu, bisa di kolom deskripsi YouTube, kolom bio atau swipe up Instagram Story, postingan Facebook, hingga caption TikTok.
  8. Jika sudah berhasil daftar Shopee Affiliate Program, peserta hanya perlu menunggu hingga ada yang membeli produk melalui custom link yang sudah dibagikan. Nantinya komisi akan dibayarkan via ShopeePay.

Penghitungan komisi Shopee Affiliates Program

Komisi Shopee Affiliate Program akan dihitung dari harga produk yang terjual dari custom link peserta. Semakin banyak pembeli yang membeli dari custom link, maka akan semakin besar pula komisinya.

Selain itu, besaran komisi Shopee Affiliate Program beragam tergantung pada keberhasilan peserta menggaet konsumen lama atau baru, yaitu 2,5 persen jika bisa menggaet pengguna lama dan 10 persen jika bisa menggaet pengguna baru.

Misalnya, seorang peserta Shopee Affiliates Program berhasil mengajak 15 pengguna baru untuk membeli produk seharga Rp 80.000, maka peserta akan mendapatkan komisi Shopee Affiliate sebesar Rp 120.000.

Baca juga: 12 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar agar Dilirik HRD

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com