Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Naik KRL Bayar Pakai Aplikasi Gojek dan LinkAja

Kompas.com - 26/06/2022, 12:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di era serba canggih, kini para pengguna kereta rel listrik (KRL) tidak perlu lagi menggunakan kartu sebagai alat pembayaran naik KRL. Kini, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah bekerja sama dengan penyedia jasa pembayaran melalui aplikasi, yakni Gojek dan LinkAja.

Naik KRL tampa kartu ini bisa digunakan untuk layanan KRL, Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi).

Dengan metode seperti ini, tentunya pengguna setia KRL tidak perlu repot – repot melakukan top up pada kartu elektronik, pembayaran-pun lebih mudah karena Anda tinggal melakukan tap dari HP Anda di gate stasiun.

Baca juga: Cara Naik KRL Tanpa Kartu Uang Elektronik, Bisa Pakai Aplikasi Gojek dan LinkAja

Sebelumnya, Direktur Utama PT KCI, Roppiq Lutzfi Azhar mengatakan, kolaborasi yang dilakukan PT KCI dengan PT GoTo Gojek Tokopedia, melalui fitur di Gojek, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada 1,2 juta pengguna KRL.

Apalagi, Gojek sebagai aplikasi dengan jumlah ekosistem yang besar, diharapkan mampu memperluas jangkauannya kepada masyarakat, khususnya yang bermobilitas dengan transportasi publik.

"Kita bermain di middle mile, bagaimana first dengan last mile ini menjadi konektivitas dengan baik. Makanya ini adalah satu bentuk kemudahan bagi pengguna jasa KRL. Keunggulan dari ini, bisa menentukan berapa lama waktu perjalanan yang sudah terintegrasi dari awal sampai ke tempat tujuan,” kata Roppiq di Stasiun Juanda, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Baca juga: Rekor Penumpang Terbanyak Pecah, Sebulan 12,4 Juta Orang Naik KRL

Sementara itu, Direktur GoTo, sekaligus Head of Indonesia Sales dan Operasional Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo menjelaskan, kerja sama ini dilakukan Gojek karena 1 dari 2 pengguna GoRide dan GoCar menggunakan layanan Gojek sebagai layanan penghubung dari dan menuju stasiun.

Ini usaha kita sepaya customer kita yang menggunkan moda transpirtasi kan nyambung. Pertamanya naik GoRide, abis itu naik Commuter terus naik GoRide lagi. Jadi mereka bisa gunakan convinience ini menggunakan satu aplikasi," jelas Catherine.

Baca juga: 2 Hari Uji Coba, 2.518 orang Penumpang KRL Naik dan Turun di Stasiun Matraman

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com