Dogecoin Melonjak 7,2 Persen, Cek Harga Kripto Terbaru

Kompas.com - 27/06/2022, 09:05 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Pasar aset kripto sebagian tampak berkabut pada pagi ini, Senin (27/6/2022), hanya Dogecoin (DOGE) yang melonjak signifikan. Melansir Coinmarketcap pagi ini 8 dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona merah dalam 24 jam terakhir.

Nilai mata uang kripto paling redup adalah, Solana (SOL) yang ambles 6,10 persen menjadi 39,79 dollar AS atau Rp 590.762 (kurs Rp 14.847 per dollar AS). Kemudian Polkadot atau DOT yang terjun 2,79 persen berada pada posisi 7,91 dollar AS, dan Bitcoin (BTC) pada level 21.128 dollar AS atau turun 1,56 persen.

Pelemahan juga terjadi pada Ethereum atau ETH yang merosot 2,5 persen pada posisi 1.212 dollar AS. Demikian juga dengan XRP turun 2,18 persen menjadi 0,36 dollar AS, dan Binance Exchange (BNB) melemah 1,75 persen pada posisi 235,5 dollar AS.

Baca juga: Terus Tumbuh, Jumlah Investor Kripto di Indonesia Capai 14 Juta

Selanjutnya aset kripto Cardano atau ADA juga melemah 1,19 persen dan diperdagangkan pada harga 0,49 dollar AS per coin. Namun, berbeda dengan Dogecoin (DOGE) yang berhasil melonjak 7,42 persen pagi ini pada level 0,07 dollar AS.

Pagi ini Tether (USDT) turun 0,02 persen pada posisi 0,9 dollar AS, berbeda dengan USD Coin (USDC) yang naik 0,01 persen menjadi 1 dollar AS. Sebagai informasi, USDT dan USDC merupakan mata uang kripto golongan stable coin atau jenis mata uang kripto yang dibuat untuk menawarkan harga yang stabil terhadap dollar AS.

Pasar krpto saat ini tengah mengalami penurunan kapitalisasi pasar sebesar 1,77 persen menjadi 947,42 miliar dollar AS dalam 24 jam terakhir. Demikian juga dengan volume aset kripto yang turun 1,3 persen menjadi 50,51 miliar dollar AS, dan stablecoin berada di 44,03 miliar dollar AS, atau 87,17 persen dari keseluruhan volume kripto.

Mengutip Coindesk, aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, Bitcoin menguat 3 persen dalam 24 jam terakhir pada level di atas 21.000 dollar AS. Analis pasar senior Oanda Craig Erlam mengatakan, bitcoin dan aset kripto lainnya masih berada dalam tekanan.

“Pekan ini bisa menjadi periode pengujian lain untuk aset kripto. Support masih terlihat goyah meskipun berhasi bertahan di level atas,” Craig Erlam.

Terlepas dari guncangan yang terus berlanjut di industri kripto, Raghu Yarlagadda, CEO dan salah satu pendiri FalconX, mengamati indikator pasar utama dan menemukan tanda-tanda harga mungkin telah mencapai titik terendah.

“Kondisi tersebut termasuk penyempitan. Reli bantuan yang terlihat dalam 24 jam terakhir, sebagian besar berasal dari sisi ritel," kata Yarlagadda.

Baca juga: Pahami Ini Sebelum Beli Kripto Saat Pasar dalam Kondisi Bearish

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual mata uang kripto. Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual mata uang kripto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.