Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Sukseskan Mudik Lebaran 2022, Kompas.com Dianugerahi Penghargaan dari Kemenhub

Kompas.com - 27/06/2022, 18:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan penghargaan kepada Kompas.com atas pencapaian yang optimal dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2022/1443 Hijriah.

Penghargaan ini diberikan kepada 93 pemangku kepentingan dari kementerian dan lembaga, BUMN, swasta, asosiasi, hingga media massa yang telah membantu penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan kolaborasi yang baik selama penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022.

"Saya atas nama pribadi dan lembaga, menyampaikan terima kasih atas dukungan yang baik dan kolaborasi yang cair dengan semua pihak yang mendukung kelancaran penyelenggaraan mudik tahun ini," kata Menhub Budi saat acara pemberian penghargaan di kantornya, Senin (27/6/2022).

Baca juga: DPR RI Apresiasi Mudik Lebaran 2022 Berlangsung dengan Baik

Dia berharap kolaborasi dan kebersamaan dalam penanganan mudik yang baik pada tahun ini, dapat kembali diterapkan pada penyelenggaraan mudik tahun berikutnya.

"Tugas ini tidak mudah, tanpa kolaborasi yang baik tidak mungkin dapat berjalan. Memang ada satu catatan yang harus kita evaluasi agar penyelenggaraan mudik tahun depan bisa lebih baik lagi," ucapnya.

Baca juga: Jumlah Penumpang Angkutan Umum Selama Mudik Lebaran 2022 Turun 22,6 Persen

Berdasarkan hasil survei dari Kompas menunjukkan tingkat kepuasan publik yang cukup tinggi terhadap kinerja pemerintah untuk menyiapkan mudik lebaran.

Misalnya, di transportasi pribadi sebanyak 66,8 persen responden menyatakan puas, di transportasi umum sebanyak 74,2 persen responden menyatakan kepuasan.

Selain itu, sebanyak 65,5 persen responden juga menyatakan bahwa penanganan mudik tahun ini lebih baik daripada tahun 2019 sebelum pandemi.

Baca juga: Menhub Ungkap 2 Titik Krusial Selama Pelaksanaan Mudik Lebaran 2022

Sejumlah pemangku kepentingan yang mendapatkan penghargaan di antaranya dari unsur K/L, yakni Kemenko PMK, KemenPUPR, Korlantas Polri, Kemenkes, Kominfo, Basarnas, BMKG, dan KNKT.

Kemudian, dari unsur operator BUMN dan Swasta, yakni Jasa Marga, Pertamina, ASDP Indonesia Ferry, AP I, AP II, Pelindo, Pelni, Garuda Indonesia, KAI, Airnav Indonesia, Rapi, Astra, PT Sinar Jaya Megah Langgeng, PT Lion Mentari Airlines, PT Dharma Lautan Utama, dan Hutama Karya.

Selanjutnya diberikan pula penghargaan kepada sejumlah media nasional baik cetak, online maupun televisi, seperti Kompas Media Group, MNC Group, Trans Group, Emtek Group, Antara, TVOne, Republika, Bisnis Indonesia, SWA, dan sejumlah media lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com