Garuda Indonesia Sasar Pasar Penerbangan "Low Cost Carrier" Melalui Citilink

Kompas.com - 28/06/2022, 17:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia ke depannya akan lebih mengembangkan bisnis penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC) melalui anak usahanya, Citilink.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, hal ini sebagai langkah Garuda Indonesia mendapatkan keuntungan karena pasar penerbangan LCC sangat besar di Indonesia.

Selain itu, pengembangan bisnis penerbangan LCC ini merupakan kewajiban Garuda Indonesia sebagai badan usaha milik negara (BUMN) untuk membangun aksesibilitas dalam negeri.

Baca juga: Citilink Raih Predikat Maskapai LCC dengan Layanan Kesehatan Terbaik Saat Pandemi

Mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga masyarakatnya membutuhkan moda transportasi dengan biaya yang lebih terjangkau.

"Oleh sebab itu ke depan tentu saja kita akan lebih percepat pertumbuhan dari Citilink sebagai LLC. Karena memang tidak bisa dipungkiri market kita yang lebih kencang adalah market LCC," ujarnya saat konferensi pers virtual, Selasa (28/6/2022).

Baca juga: Genjot Pendapatan, Garuda Indonesia Akan Fokus ke Bisnis Kargo

Kendati demikian, Garuda Indonesia Group juga tetap akan mengembangkan bisnis dari induk perusahaan yaitu Garuda Indonesia, meskipun di segmen kelas menengah ke atas.

"Seperti arahan juga arahan dari Pak Menteri bahwa memang kita akan lebih kembangkan nanti Citilink walaupun Garuda juga akan tetap dikembangkan," ucapnya.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat LCC Masih Ada yang Belum Turun, Ini Tanggapan Menhub

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menambahkan, Garuda Indonesia Group diharapkan dapat optimal dalam mengatur strategi bisnis Citilink di segmen LCC dan Garuda Indonesia di segmen premium.

"Bagaimana Garuda masuk ke segmen premium, Citilink masuk ke LCC bisa optimal memberikan layanan masyarakat," kata Kartika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.