Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bina Marga Dapat Anggaran Rp 40,25 Triliun untuk Pembangunan dan Perawatan Infrastruktur

Kompas.com - 30/06/2022, 11:35 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan pagu indikatif tahun anggaran sebesar Rp 40,25 triliun.

Direktur Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, pagu indikatif tersebut akan digunakan untuk membiayai pembangunan jalan yang sedang dibangun dan mengoptimalkan infrastruktur yang sudah terbangun.

Baca juga: PUPR Pastikan Pembangunan Infrastruktur dan Sarana Penunjang KTT G20 Rampung Agustus

"Kalau kita breakdown lagi anggaran Bina Marga, pagu indikatif sebesar Rp 40,25 triliun digunakan untuk dukungan infrastruktur konektivitas sebesar Rp 37,88 triliun dan sisanya Rp 2,37 triliun untuk dukungan manajemen," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (30/6/2022).

Adapun rinciannya, anggaran dukungan infrastruktur konektivitas diutamakan untuk penanganan jalan senilai Rp 22,40 triliun meliputi pembangunan jalan sepanjang 303,6 kilometer (km) dan peningkatan kapasitas dan preservasi peningkatan struktur sepanjang 3.831,3 km.

Selanjutnya, pagu juga digunakan untuk penanganan jembatan senilai Rp4,70 triliun untuk pembangunan dan duplikasi jembatan sepanjang 6.472 meter serta penggantian dan preservasi jembatan sepanjang 125.806 meter.

Baca juga: Kementerian PUPR Dapat Pagu Indikatif Rp 98,21 Triliun pada 2023

Pada program dukungan konektivitas, pihaknya akan melakukan peningkatan konektivitas jalan bebas hambatan untuk dukungan jalan tol sepanjang 15 km dengan anggaran Rp 2,85 triliun. Adapun jalan tol yang dimaksud ialah tol Serang-Panimbang, Semarang-Demak, dan pengadaan lahan jalan tol dan BOP.

Anggaran lainnya digunakan untuk preservasi rutin jalan dan jembatan nasional serta revitalisasi drainase senilai Rp 7,47 triliun.

Lalu peningkatan aksesbilitas pada flyover/underpass/terowongan sepanjang 1.611 meter dengan anggaran Rp 640 miliar seperti Flyover Sekip Ujung di Sumatera Utara, Flyover Gelombang dan Bantaian di Sumatera Selatan serta Flyover Aloha di Jawa Timur.

Baca juga: Kementerian PUPR Targetkan 16 Ruas Tol Siap Diresmikan Hingga Akhir 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com