Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut HUT Ke-52, Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Kompas.com - 30/06/2022, 12:05 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo) menyelenggarakan coaching clinic Jamkrindopreneur dengan tema “Transformasi Digitalisasi UMKM Naik Kelas”.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pelaku UMKM dan mengundang Brand Strategist dan Content Creator Agatha Oktavina sebagai pengisi materi acara.

Sekretaris Perusahaan Abdul Bari mengatakan melalui kegiatan tersebut, diharapkan para UMKM semakin sadar mengenai urgensi dan cara pemanfaatan platform digital yang efektif.

Baca juga: Melirik Potensi UMKM sebagai Pendorong Ekonomi Kerakyatan

Sehingga platform digital dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis mereka. Hal ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap target pemerintah untuk membawa 30 juta pelaku UMKM masuk ke dalam ekosistem digital pada 2024.

“Pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian Jamkrindo untuk para UMKM. Kami harapkan kegiatan ini bermanfaat bagi para peserta dalam mengembangkan bisnis serta meningkatkan kapabilitas dan produktivitas mereka kedepannya sehingga bisa naik kelas,” ujar dia dalam siaran pers dikutip Kompas.com, Kamis (29/6/2022).

Adapun fokus materi yang disampaikan dalam kegiatan coaching clinic ialah mengenai cara membuat konten produk dan pemasaran yang efektif di media sosial sehingga dapat menarik minat calon konsumen.

Content Creator Agatha Oktavina menjelaskan, pelaku UMKM harus memperhatikan sejumlah faktor yang meliputi karakteristik produk, nilai tambah yang akan diperoleh konsumen, target pembeli, keunggulannya dalam melakukan promosi di platform digital serta platform digital untuk mempromosikan produknya.

Baca juga: UMKM Diharapkan Bisa Memperluas Skala Usahanya lewat Digitalisasi

“Para pelaku UMKM dituntut konsisten dalam memproduksi konten produknya dengan menerapkan review and trial error. Terpenting, ialah teman-teman harus bisa menyiasati konten yang akan dipublikasikan sesuai dengan target yang sudah ditentukan,” tutur dia.

Hariyanti, pelaku UMKM dari CV Khansa Mandiri, Sulawesi Selatan, mengaku dapat banyak manfaat dari pendampingan yang dilakukan Jamkrindo selama ini. Dampak positif yang secara langsung ia rasakan adalah pertumbuhan bisnis yang signifikan.

“Dengan fasilitas binaan Jamkrindo, kami rajin mengikuti berbagai kegiatan sehingga mendapatkan kepercayaan dari perusahaan luar negeri. Perusahaan kami bertumbuh dengan baik,” kata Hariyanti.

Sebagai perusahaan penjaminan kredit, selain memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM, Jamkrindo juga menyediakan layanan penjaminan kredit KUR yang inovatif, kompetitif dengan pelayanan profesional, efektif dan efisien secara berkelanjutan.

Hingga Mei 2022, Jamkrindo telah merealisasikan volume penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 82,6 triliun atau naik 65 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Adapun, jumlah UMKM yang dijamin sebanyak 1,84 juta UMKM.

Untuk penjaminan Kredit Modal Kerja (KMK) dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), sejak program tersebut diluncurkan pada Juli 2020, Jamkrindo bersama anak usahanya PT Penjaminan Jamkrindo Syariah (Jamsyar) telah mencatatkan penjaminan senilai RP 26,32 triliun hingga bulan Mei 2022. Rinciannya Jamkrindo menyalurkan penjaminan senilai Rp 17,88 triliun dan Jamsyar sebesar Rp 8,34 triliun.

Baca juga: Sandiaga Uno: Emak-emak UMKM Harus Jadi Ujung Tombak Atasi Krisis Pangan dan Energi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com