Mengawali Kuartal II 2022, IHSG Bakal Melemah Lagi? Simak Rekomendasi Sahamnya

Kompas.com - 01/07/2022, 07:39 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan melemah pada Jumat (1/7/2022). IHSG Kamis (30/6/2022) ditutup di level 6.911,58 atau turun 30,76 poin sebesar 0,44 persen.

Analis Binartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan, IHSG saat ini menguji zona support pada level 6.890 – 6.905 karena melemah di bawah level support sebelumnya di 6.940. Sebagai pertimbangan bahwa IHSG akan mengonfirmasi kelanjutan dari koreksi wave, berdasarkan skenario utamanya jika menembus ke bawah 6,860.

“Indikator MACD yang mengarah ke bawah di zona negatif dapat mengindikasikan bahwa fase bearish yang kuat akan segera dimulai. Level support IHSG berada di 6.890 – 6.798, sementara level resistennya di 7.000 – 7.106. Berdasarkan indikator MACD dalam kondisi bearish,” kata Ivan dalam rekomendasinya.

Baca juga: Untuk Ketiga Hari Berturut-turut, IHSG Kembali Ditutup Merah

Hal senada disampaikan oleh Dennies Christoper Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia yang mengatakan, secara teknikal candlestick, indeks membentuk lower high dan lower low dengan stochastic melebar setelah membentuk deadcross.

“Pola ini mengindikasikan potensi pelemahan. Pelemahan diperkirakan akan mulai terbatas terlihat dari stochastic yang mulai memasuki area oversold. Investor akan mencermati rilis hasil rilis data inlfasi Indonesia,” ujar Dennies.

Dennies memprediksi hari ini IHSG akan bergerak resistance di level 6.986 sampai dengan 7.025, support pada level 6.875 hingga 6.839.

Baca juga: BNI Sekuritas Targetkan IHSG Tembus Level 7.600 Sampai dengan Akhir Tahun

Berbeda dengan Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya yang mengatakan, IHSG berpeluang menguat hari ini. Dia mengatakan, memasuki paruh kedua pada tahun 2022, pola gerak IHSG masih terlihat berada dalam rentang konsolidasi wajar di tengah penantian rilis data perekonomian inflasi serta data kedatangan wisatawan yang akan dirilis.

“Data perekonomian yang disinyalir masih akan berada dalam kondisi stabil serta diperkirakan terdapat peningkatan jumlah kedatangan wisatawan, tentunya dapat memberikan sentimen positif terhadap pola gerak IHSG, hari ini IHSG berpotensi menguat,” kata William.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.