Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Menpan-RB Tjahjo Kumolo Berpulang, Mentan SYL Ungkapkan Duka Mendalam

Kompas.com - 01/07/2022, 18:22 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) pukul 11.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), setelah menjalani perawatan intensif akibat infeksi paru-paru di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo.

Mendengar kabar tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian Menpan-RB Tjahjo Kumolo.

Jauh sebelum masuk dalam kabinet Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin, SYL diketahui sangat dekat dengan Tjahjo.

"Turut berduka sedalam dalamnya atas meninggalnya sahabat saya, Bapak Tjahjo Kumolo," ujar SYL dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Cerita Kesederhanaan Tjahjo Kumolo saat Memilih Tempat Kulineran...

Ia mengungkapkan bahwa Tjahjo adalah sosok orang baik sekaligus contoh aparat negara yang selama ini menjadi pengayom bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN), termasuk juga para menteri di kabinet kerja.

Almarhum (Alm) Tjahjo, kata SYL, juga merupakan pemimpin yang memiliki integritas, moralitas, dan semangat kerja luar biasa.

"Sederhana beliau adalah guru bagi kami semua. Beliau adalah panutan dalam berpikir dan bekerja," imbuhnya.

Tak hanya itu, SYL menyebutkan bahwa Tjahjo Kumolo adalah motor penggerak berbagai perubahan reformasi pada tubuh ASN Indonesia.

Baca juga: Mentan SYL Dorong Petani Beradaptasi dengan Tantangan Alam

Di bawah komandonya, sebut dia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mampu membuat wahab ASN sebagai pelayan rakyat yang mengedepankan kepentingan bangsa.

"Sekali lagi, saya berduka sekali atas perginya Pak Tjahjo. Saya kehilangan sahabat saya. Semoga Gusti Allah memberi tempat terbaik bagi Bapak," kata SYL.

Sebagai informasi, Alm Tjahjo Kumolo rencananya akan disemayamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada Jumat (1/7/2022) sore.

Baca juga: Jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Jenazah Tjahjo baru saja tiba di rumah duka di Jalan Widya Chandra IV Nomor 22, Jakarta Selatan (Jaksel) pukul 13.41 WIB.

Sebelum disemayamkan di TMP Kalibata, jenazah rencananya akan disalatkan di Masjid Kantor Kemenpan-RB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com