Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puji Produk UMKM, Sandiaga Uno: Keren Banget, Saya Sih Amaze Banget...

Kompas.com - 02/07/2022, 08:34 WIB
Wijaya Kusuma,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno hadir dalam acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022  Yogyakarta.

Sandiaga Uno menilai, 27 perserta Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Yogyakarta menunjukan karya-karya terbaiknya.

Menurut dia, hal itu membuktikan bahwa produk-produk karya anak bangsa memiliki kualitas yang setingkat kualitas internasional.

"Hari ini saya sangat optimistis melihat masa depan penuh harapan karena para peserta apresiasi kreasi Indonesia Jogja ada 27 menunjukkan karya-karya terbaiknya," ujar  Sandiaga Uno saat menemui wartawan usai Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Yogyakarta di Ambarrukmo Plaza, Kabupaten Sleman, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Sandiaga Uno Sebut Metaverse Berpotensi Buka Lapangan Kerja, Bagaimana Caranya?

Sandiaga Uno menyampaikan produk-produk yang ditampilkan para peserta di Yogyakarta mempunyai kualitas yang baik. Bahkan, kualitasnya setingkat International.

"Memperlihatkan bahwa produk-produk karya anak bangsa memiliki kualitas yang setingkat kualitas internasional," tegasnya.

Sandiaga Uno menyebutkan, penciptaan 1,1 juta lapangan pekerjaan dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi tahun ini akan diwujudkan. Hal itu adalah bagian dari kebangkitan Indonesia.

Di tengah tantangan ekonomi yang diakibatkan naiknya harga-harga bahan pokok, harga-harga bahan dasar dari produk-produk ekonomi kreatif ini, harus dimunculkan inovasi-inovasi baru. Kiat-kiat bagaimana mereka bisa bertahan dengan digitalitasi dan pemasaran yang lebih bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

"Terakhir target kita 2024 untuk menciptakan 4,4 lapangan kerja adalah wujud kolaborasi bersama dengan tentunya Kemenparekraf, dari Pak Singgih (Kepala Dinas Pariwisata DIY), Ade Mulya Shopee, dan teman-teman dari dunia usaha, dari Amplaz. Kita harapkan ini merupakan suatu kolaborasi yang pentahelix. Konsepnya adalah bersama maju, pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," jelasnya.

Sandiaga Uno memuji produk-produk 27 peserta Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Yogyakarta. Namun demikian, Sandiaga meminta agar perlu ditingkatkan mengenai hak kekayaan intelektual (Haki).

"Keren banget, Saya sih amaze banget. Kita perlu tingkatkan HAKI-nya, ini keren banget dari produk kuliner mungkin sebagai pemilik mal kaget juga ternyata UMKM ini enggak kalah dengan produk-produk yang sudah terpampang di mal-mal papan atas seperti ini," ungkapnya.

Sementara itu, Head of Government Affairs Shopee Indonesia Ade Mulya menegaskan komitmen jangka panjang untuk UMKM.

"Shopee ingin menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia, termasuk dalam proses digitalisasi mereka," ucap Head of Government Affairs Shopee Indonesia Ade Mulya dalam keterangan tertulis.

Ade mengungkapkan potensi besar dari pelaku UMKM mendorong Shopee untuk terus memberikan dukungan termasuk untuk Yogyakarta dan sekitarnya.

"Kerja sama kami dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal agar mereka dapat lebih memahami dan merasakan manfaat dari platform digital untuk mengembangkan bisnis secara optimal," ungkapnya.

Shopee mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dengan berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara ApresiasiKreasi Indonesia (AKI) 2022. Shopee memberikan mentoring kepada peserta AKI 2022 yang mencakup pelatihan dasar seperti cara membuka toko online, hingga pelatihan lanjutan yang fokus pada pengembangan bisnis online melalui Bimbel Shopee.

Peserta AKI 2022 juga menerima pelatihan pembuatan QRIS ShopeePay sebagai salah satu metode pembayaran merchant yang akan digunakan di pameran AKI di berbagai kota di Indonesia, termasuk Yogyakarta.

Selain itu, Shopee juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada 20 peserta sebelum produk mereka tampil di pameran produk AKI 2022 masing-masing kota. Peserta AKI 2022 dari Yogyakarta merupakan hasil kurasi dari 6.351 UMKM pendaftar.

Baca juga: Sandiaga Uno: Emak-emak UMKM Harus Jadi Ujung Tombak Atasi Krisis Pangan dan Energi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com