Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Terancam Resesi, Apa Dampaknya ke Indonesia?

Kompas.com - 04/07/2022, 12:42 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonomi Amerika Serikat (AS) berpotensi mengalami resesi sejalan dengan kekhawatiran akan lonjakan inflasi yang terjadi di sepanjang tahun. Potensi resesi menguat usai Federal Reserve AS menaikkan suku bunga 75 basis poin untuk menekan lonjakan inflasi.

Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia, resesi ekonomi akan berpengaruh besar terhadap perekonomian global. Lalu apa dampaknya secara khusus pada ekonomi Indonesia?

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, terdapat beberapa risiko yang harus dihadapi Indonesia terkait ancaman resesi AS.

Baca juga: Elon Musk Ramal Resesi AS Tak Terhindarkan dan Dalam Waktu Dekat

1. Keluarnya modal asing

Pertama, keluarnya modal asing dipasar surat utang karena spread antara imbal hasil (yield) Surat Berharga Negara (SBN) dan yield US Treasury di tenor yang sama semakin menyempit.

"Investor asing cenderung mengalihkan dana ke aset yang aman, memicu capital outflow di emerging market. Sementara pelemahan nilai tukar rupiah hanya salah satu dampak turunan dari sinyal resesi AS," kata Bhima kepada Kompas.com, Senin (4/7/2022).

Baca juga: Mewaspadai Volatilitas Aliran Modal Asing

2. Penyempitan likuiditas

Kedua, penyempitan likuiditas akibat terjadinya perebutan dana antara pemerintah dan bank. Bank dalam posisi mengejar pertumbuhan kredit yang tinggi pasca-pandemi melandai, namun di sisi lain terhalang oleh kenaikan tingkat suku bunga baik di dalam negeri maupun global.

Menurutnya, perebutan dana antara pemerintah dan bank dalam menjaga tingkat pembiayaan defisit anggaran akan membuat dana deposan domestik berpindah ke SBN.

Ia pun mengingatkan bahwa crowding out atau fenomena penerbitan SBN yang terlalu agresif dengan bunga yang terlalu tinggi, sangat membahayakan kondisi likuiditas di sektor keuangan.

Baca juga: Rupiah Melemah akibat Kebijakan The Fed, Sri Mulyani: Masih Lebih Baik dari Negara Lain

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com