Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Cabai Masih Mahal, Ini Kata Mentan SYL

Kompas.com - 04/07/2022, 16:46 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga cabai mulai dari cabai merah keriting, cabai merah besar hingga cabai rawit merah hingga saat ini masih terus mahal.

Mengutip dari Info Pangan Jakarta, harga cabai merah keriting periode Senin (4/7/2022), naik Rp 130 menjadi Rp 94.043 per kilogram, cabai merah besar naik Rp 1.909 menjadi Rp 88.272, dan cabai rawit merah tembus menjadi Rp 112.608 per kilogram.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengakui memang ada dinamika harga yang biasanya terjadi di momentum besar seperti Idul Adha, Idul Fitri, dan Natal.

Baca juga: Inflasi Juni 0,61 Persen, Dipicu Harga Cabai Merah hingga Rokok Kretek Filter

Namun dijelaskan dia, gejola harga cabai terjadi juga karena dipengaruhi oleh kondisi anomali cuaca dan serangan hama penyakit.

"Memang ada dinamika harga menjelang hari raya Idul Adha dan ini adalah momentum yang terjadi setiap tahun. Selain faktor jelang Idul Adha, gejolak harga cabai menurut Mentan SYL juga dipengaruhi oleh kondisi anomali cuaca dan serangan hama penyakit yang massif sehingga membuat hasil panen petani tidak optimal," ujar Mentan SYL dalam siaran resminya, Senin (4/7/2022).

Berdasarkan data ketersediaan cabai, Mentan SYL menyampaikan, produksi cabai besar nasional pada bulan Juni sebesar 78.040 ton dan cabai rawit 1.723 ton.

Baca juga: BERITA FOTO: Harga Bawang Merah dan Cabai Diprediksi Turun Bulan Juli

Sementara kebutuhan untuk cabai besar diperkirakan 76.317 ton sehingga neraca cabai besar surplus 1.723 ton. Hal yang sama juga terjadi pada cabai keriting, ada surplus 1.403 ton karena kebutuhan nasional bulan Juni diperkirakan 72.159 ton.

Kenaikan harga cabai pada sisi lain menurut Mentan SYL juga berdampak pada pendapatan petani.

"Tadi ada yang membahagiakan, ternyata dari kenaikan yang ada, petani juga turut menikmati. Jadi jangan sampai hanya pedagang saja. Tentu konsumen juga harus kita perhatikan bersama juga," pungkasnya.

Baca juga: Harga Cabai dan Bawang Merah Diprediksi Turun Bulan Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com