Setelah Terseok-seok, IHSG Berpeluang Bangkit Hari Ini

Kompas.com - 05/07/2022, 08:11 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat atau rebound pada sesi perdagangan hari ini, Selasa (5/7/2022), setelah pada sesi perdagangan Senin (4/7/2022) kemarin, IHSG ditutup melemah 2,28 ke level 6.639,17.

Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan, pada sesi perdagangan hari ini IHSG berpotensi menguat.

Penguatan ini diperkirakan bersifat sementara dikarenakan minimnya sentimen serta kekhawatiran akan inflasi dan kenaikan suku bunga.

"Secara teknikal candlestick membentuk hanging man dengan indikator stochastic yang sudah memasuki area oversold mengindikasikan potensi rebound dalam jangka pendek," ujar dia, dalam risetnya, Selasa.

Lebih lanjut Ia bilang, untuk level support IHSG diproyeksi bergerak di rentang 6.435-6.537. Sementara itu, level resistance IHSG berada pada rentang 6.762-6.885.

Baca juga: IHSG Tak Mampu Bangkit, Rupiah Ikut Melemah

Investor disarankan "wait and see" atau "buy on weakness" jika...

Sementara itu, Founder WH Project William Hartanto menyebutkan, IHSG berpotensi mengalami rebound terbatas, setelah melemah sepanjang sesi perdagangan kemarin. IHSG disebut akan dipertahankan dalam rentang 6.500.

"Namun jika tidak berhasil dipertahankan juga maka bisa jadi IHSG mendekati level 6.200," kata dia.

Menurutnya, saat ini posisi masih rawan sehingga investor pada hari ini lebih disarankan wait and see, jika terjadi pantulan di dekat level 6.500. Namun, jika IHSG benar rebound pada hari ini maka seharusnya sudah menjadi kesempatan bagi investor untuk buy on weakness.

"Hari ini kami memproyeksikan IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung melemah dalam range 6.509 – 6.723," ucap dia.

Baca juga: Mengawali Kuartal II 2022, IHSG Bakal Melemah Lagi? Simak Rekomendasi Sahamnya

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.