Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bitcoin Menguat, Kembali ke Level Rp 300 Juta per Keping

Kompas.com - 05/07/2022, 08:50 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Pasar aset kripto cenderung menguat pada sesi perdagangan pagi hari ini, Selasa (5/7/2022). Melansir Coinmarketcap pagi ini, sebagian besar dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir.

Dilansir pada pukul 08.15 WIB, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin, atau BTC, menguat 5,2 persen selama sehari terakhir ke level Rp 305,01 juta. Kemudian, kripto dengan kapitalisasi besar lainnya, Ethereum atau ETH juga menguat, yakni 6,56 persen ke level Rp 17,2 juta.

Penguatan juga dialami oleh kripto jenis BNB, yang harganya meningkat 5,28 persen, menjadi Rp 3,47 juta per keping. Lalu, kripto jenis XRP juga menguat tipis 1,38 persen, menjadi Rp 4.937,9.

Selanjutnya, penguatan juga dialami oleh Cardano atau ADA, yakni sebesar 2,15 persen menjadi Rp 6.985,5 per keping. Adapun solana tercatat menjadi kripto kapitalisasi besar dengan penguatan paling tinggi, yakni sebesar 8,62 persen, menjadi Rp 547.807,5.

Terakhir, kripto yang semula digunakan sebagai bahan guyonan, Dogecoin atau DOGE, menguat 1,84 persen menjadi Rp 1.046,36.

Baca juga: Bitcoin dkk Menguat, Cek Harga Kripto Pagi Ini

Sementara itu, tiga kripto yang kerap disebut sebagai 'stable coin' tercatat mengalami koreksi tipis. Kripto jenis tether atau USDT terkoreksi tipis 0,81 persen, menjadi Rp 14.983,8.

Koreksi juga dialami oleh USD coin atau USDC, yang harganya menurun 0,84 persen menjadi Rp 14.997,7. Binance USD atau BUSD turut melemah 0,96 persen menjadi Rp 15.004,3.

Sebagaimana diketahui, selama beberapa pekan terakhir pasar kripto mengalami koreksi signifikan. Ini tidak terlepas dari berbagai sentimen negatif perekonomian global.

Kondisi perekonomian global yang semakin tidak menentu, imbas dari tidak berkesudahannya perang Rusia dan Ukraina hinnga normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat yang agresif membuat investor pasar kripto khawatir.

Meskipun demikian, dalam kurun waktu terakhir bitcoin bergerak cenderung menguat. Setelah sempat terseok-seok di level Rp 280 juta hingga Rp 290 juta pada akhir pekan kemarin, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini kembali ke level Rp 300 juta.

Baca juga: Mau Investasi di Kripto? Ingat Harus Punya Dana Cadangan Dulu!

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual kripto. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual kripto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com