Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Pemulihan Ekonomi, Bank BJB Berencana Ekspansi Kredit hingga Perkuat Layanan Digital

Kompas.com - 05/07/2022, 13:32 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) berencana melakukan ekspansi kredit pada captive market serta productive segment untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi. 

Hal ini seiring semakin terkendalinya pandemi Covid-19 di Indonesia yang jadi celah bagi sektor perbankan yang terkena imbas sangat signifikan karena pandemi untuk mulai berbenah diri dan mencoba memulihkan performa serta kinerja secara bertahap.

Selain melakukan ekspansi kredit, tahun ini Bank BJB juga terus meningkatkan kualitas layanan digital, baik kepada nasabah ritel melalui pengembangan aplikasi Digi Mobile bank bjb ataupun layanan kepada Pemerintah Daerah melalui platform smart city.

"Untuk aplikasi Digi Mobile, saat ini telah terdapat fitur Digi Loan untuk pengajuan permohonan kredit secara online. Ke depan, layanan Digi Mobile tersebut akan dikembangkan lebih jauh lagi menuju sebuah superapps sehingga nasabah akan semakin nyaman bertransaksi menggunakan Bank BJB," ujar Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi melalui keterangan tertulis, Selasa (05/07/2022).

Baca juga: Gandeng Digidata, Bank BJB Permudah Verifikasi Calon Nasabah

Pengelolaan layanan digital untuk Pemda

Untuk platform smart city, Bank BJB akan banyak mengembangkan potensi terutama terkait ekosistem rantai nilai layanan Pemerintah Daerah.

Menurut Yuddy, pengelolaan pajak, belanja daerah sampai dengan transaksi di pasar tradisional dapat dioptimalkan melalui penggunaan layanan digital Bank BJB.

Layanan ini tidak hanya terbatas di wilayah Jawa Barat dan Banten, namun dapat juga disinergikan dengan seluruh Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia.

"Kami melihat, berbekal kesamaan ekosistem dan karakteristik layanan, di masa depan tidak menutup kemungkinan BPD ini akan menjadi satu grup atau holding yang kuat, sehingga semakin optimal dalam perannya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," ungkap Yuddy.

Baca juga: Triwulan I 2022 Bank BJB Raup Laba Rp 738 Miliar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com