Pasar Kripto Merah, Simak Harga Bitcoin Dkk Pagi Hari Ini

Kompas.com - 06/07/2022, 09:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar aset kripto kembali bergerak di zona merah pada sesi perdagangan pagi hari ini, Rabu (6/7/2022), setelah sempat menguat pada sesi perdagangan Selasa (5/7/2022) kemarin. Melansir Coinmarketcap pagi ini, 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak melemah dalam 24 jam terakhir.

Dilansir pada pukul 08.35 WIB, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin, atau BTC, melemah 1,24 persen selama sehari terakhir ke level Rp 303,31 juta. Kemudian, kripto dengan kapitalisasi besar lainnya, Ethereum atau ETH juga melemah, yakni 1,73 persen ke level Rp 17,08 juta.

Kripto yang kerap disebut 'stable coin', Tether atau USDT, juga mencatatkan penurunan harga sebesar 0,81 persen menjadi Rp 15.008,2. Pelemahan juga dialami oleh stable coin lainnya, USD coin atau USDC, yang menurun 0,8 persen menjadi Rp 15.024,3.

Baca juga: Daftar Lelang Rumah Murah di Bekasi, Harga Mulai dari Rp 100 Jutaan

Pelemahan juga dialami oleh kripto jaringan Binance, di mana BNB mengalami koreksi sebesar 0,27 persen menjadi Rp 3,49 juta. Binance USD atau BUSD juga melemah 1 persen menjadi Rp 15.025,8.

Lalu, kripto jenis XRP juga terkoreksi 1,63 persen, menjadi Rp 4.879,76. Selanjutnya, kripto jenis Cardano atau ADA, melemah sebesar 2,76 persen menjadi Rp 6.845,3 per keping.

Kemudian, kripto jenis Solana atau SOL terkoreksi 3,13 persen menjadi Rp 532.676,2 per keping. Terakhir, kripto yang semula digunakan sebagai bahan guyonan, Dogecoin atau DOGE, melemah 4,07 persen menjadi Rp 1.009,29.

Sebagaimana diketahui, selama beberapa pekan terakhir pasar kripto mengalami koreksi signifikan. Ini tidak terlepas dari berbagai sentimen negatif perekonomian global.

Baca juga: Harga Minyak Mentah Sempat Jatuh di Bawah Level 100 Dollar AS Per Barel

Kondisi perekonomian global yang semakin tidak menentu, imbas dari tidak berkesudahannya perang Rusia dan Ukraina hinnga normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat yang agresif membuat investor pasar kripto khawatir.

Meskipun demikian, dalam kurun waktu terakhir bitcoin kerap mengalami rebound. Setelah sempat terseok-seok di level Rp 280 juta hingga Rp 290 juta pada akhir pekan kemarin, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini kembali ke level Rp 300 juta.

Baca juga: Wall Street: S&P 500 dan Nasdaq Menguat, Dow Jones Terkoreksi Tipis

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual kripto. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual kripto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.