BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Flip

Ketahui Strateginya, Ini 5 Tips Meningkatkan Performa Bisnis di Era Digital

Kompas.com - 06/07/2022, 09:27 WIB

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi digital membuka peluang bagi pelaku usaha untuk memasarkan brand dan produk secara lebih mudah. Hampir semua penyedia produk dan layanan jasa yang ada saat ini menggunakan layanan media sosial dan e-commerce untuk pemasaran digital.

Meski memberikan peluang, faktanya persaingan bisnis di era digital semakin ketat. Banyak perusahaan atau brand justru kesulitan untuk meningkatkan performa bisnisnya di era digital. Salah satu kendala yang kerap dihadapi perusahaan adalah kegagapan dalam mengejar laju perkembangan tren dan perubahan perilaku konsumen, terlebih setelah pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, setiap pelaku bisnis harus beradaptasi dan memiliki strategi bisnis yang tepat untuk dapat memenangkan persaingan bisnis di era digital.

Lalu, bagaimana tips meningkatkan performa bisnis di era digital? Simak ulasan berikut agar perusahaan Anda kian berkembang.

1. Menambah produk atau layanan

Menambah produk atau layanan dapat menjadi strategi yang tepat untuk meningkatkan profit atau keuntungan bisnis Anda. Strategi ini bisa dilakukan bila bisnis perusahaan Anda sudah berjalan dengan baik.

Sebelum memutuskan untuk menambah produk, Anda dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu. Cari tahu layanan atau produk yang memiliki banyak permintaan atau dibeli konsumen. Dengan demikian, produk atau layanan tambahan yang Anda keluarkan berpotensi besar untuk laris di pasaran.

Meski demikian, Anda harus tetap waspada terhadap risiko kerugian bila produk atau layanan baru yang ditawarkan gagal di pasaran. Pasalnya, peluncuran layanan atau produk baru memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Jika performa penjualan produk baru tidak bagus, biaya yang dikeluarkan itu akan menjadi beban sehingga mengurangi profit yang dihasilkan produk utama. Bahkan, dapat menimbulkan kerugian.

Oleh karena itu, pertimbangkan secara matang sebelum menambahkan produk atau layanan baru agar mendapat sambutan yang positif dari konsumen.

2. Buat brand story

Setiap pengusaha memiliki cerita perjuangan dalam membangun bisnis, mulai dari memilih bisnis yang dijalankan, cara membangun, hingga mempertahankan bisnis. Cerita tersebut dapat dibuat dan menjadi narasi untuk brand story.

Membagikan kisah inspiratif dalam berbisnis tidak hanya baik untuk pembaca atau pendengarnya, tetapi juga dapat menumbuhkan dukungan dan menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan.

Brand story bisa membantu perusahaan dalam membangun kepercayaan serta loyalitas pelanggan. Selain itu, membangun brand story juga dapat membedakan brand Anda dengan kompetitor.

3. Mencermati tren digital

Perkembangan teknologi digital turut mengubah perilaku konsumen menjadi serba cepat dan instan, termasuk pada perubahan tren dan gaya hidup. Bagi pelaku bisnis, tren merupakan elemen penting untuk tetap terhubung sekaligus mengetahui perkembangan selera konsumen.

Adapun pelaku usaha bisa mendapatkan berbagai manfaat jika mengikuti perkembangan tren, seperti membantu menemukan ide bisnis, membuat produk dan layanan menjadi terhubung dengan pelanggan, membantu bisnis tetap pada jalur yang benar, serta lebih efisien dari sisi biaya.

Saat ini, terdapat berbagai cara untuk mengetahui topik yang sedang tren di jagat maya. Pertama, Anda dapat mengetahuinya di media sosial, seperti Twitter. Anda dapat mengetahui tren terkini melalui trending topic di platform tersebut. Seperti diketahui, trending topic merupakan tanda bahwa sebuah tema percakapan sedang menjadi tren di jagat Twitter.

Kedua, melalui Google Trend. Platform ini menyajikan data mengenai keyword yang paling banyak dicari dalam periode waktu tertentu. Anda dapat memanfaatkan platform tersebut untuk menyelaraskan promosi layanan dan produk dengan kata kunci yang sedang tren.
Dengan demikian, promosi, baik berupa konten, artikel, maupun video, dapat memperoleh engagement dari netizen atau calon konsumen.

4. Digital marketing

Digital marketing mengacu pada penggunaan saluran digital untuk memasarkan layanan atau produk untuk menjangkau konsumen secara lebih luas, cepat, serta akurat.

Adapun beberapa jenis platform digital marketing selain media sosial, adalah website, search engine optimization (SEO), content marketing, online advertising, email marketing, pay-per-click (PPC), native advertising, affiliate marketing, dan video marketing.

Pelaku usaha dapat memilih platform digital marketing yang sesuai dengan produk dan jenis bisnisnya serta target konsumen yang dituju.

Sebagai contoh, jika ingin menonjolkan keunggulan produk atau layanan secara langsung kepada konsumen milenial atau gen Z, pelaku bisnis dapat menggunakan platform video marketing. Strategi ini dapat dimaksimalkan dengan menggaet influencer untuk melakukan review produk atau jasa di kanal YouTube atau media sosial.

Selain itu, pelaku usaha juga bisa menjajal metode affiliate marketing untuk “menantang” konsumen merasakan keunggulan produk atau layanan secara langsung. Konsumen yang merasa puas dengan produk atau layanan yang ditawarkan dapat mempromosikannya kepada konsumen lain. Konsumen yang turut mempromosikan produk atau jasa tersebut akan mendapatkan reward atau imbalan sesuai kinerjanya.

5. Menggunakan teknologi terkini

Penggunaan teknologi informasi dan digital pada perkembangan bisnis menjadi sebuah keniscayaan. Pasalnya, teknologi membantu meningkatkan efisiensi dan membuat bisnis cepat berkembang.

Adapun beberapa teknologi terkini yang dapat digunakan untuk mengembangkan perusahaan, yakni artificial intelligence (AI), internet of things (IoT), big data analytic, serta financial technology (fintech).

Terkait pengelolaan keuangan perusahaan, Anda dapat memanfaatkan layanan digital yang ditawarkan perusahaan fintech. Salah satunya, layanan platform transfer uang yang kini banyak diandalkan perusahaan.

Layanan tersebut memungkinkan perusahaan mentransfer uang ke perusahaan lain hingga ke ribuan rekening dengan cepat, mudah, dan efisien. Bahkan, transfer uang ke perusahaan yang berada di luar negeri pun dapat dilakukan secara lebih cepat dan praktis dengan bantuan platform tersebut.

Meski begitu, Anda harus selektif dalam memilih perusahaan penyedia platform transfer uang. Pasalnya, beberapa pengusaha kerap mengalami masalah saat menggunakan layanan tersebut, mulai dari ongkos transfer yang mahal saat melakukan transaksi dalam volume besar hingga kesulitan mengakses dasbor aplikasi serta layanan konsumen saat aplikasi eror.

Untuk terhindar dari masalah tersebut, Anda dapat memilih platform transfer uang yang kompeten dan sudah dipercaya oleh ratusan perusahaan, seperti yang dimiliki oleh Flip.

Flip menghadirkan solusi keuangan business to business (B2B) melalui layanan Flip for Business yang menyediakan solusi terintegrasi transfer uang dalam dan luar negeri untuk berbagai kebutuhan transaksi bisnis.

Adapun sejumlah solusi yang dihadirkan Flip for Business adalah sistem otomatis dan real-time dalam satu platform, akses mudah via dasbor atau integrasi application programming interface (API), dan fitur andal untuk mencegah salah tujuan transfer atau transfer dobel. Fitur-fitur ini terjamin keamanannya karena sudah memiliki lisensi dari Bank Indonesia.

Flip for Business dapat mentransfer uang hingga ke 20.000 rekening bank sekaligus hanya dengan beberapa klik. Proses transfer uang pun empat kali lebih cepat dibandingkan solusi konvensional. Selain itu, perusahaan hanya dikenakan biaya untuk setiap transaksi berhasil dengan harga yang sangat kompetitif.

Layanan Flip for Business juga ditunjang berbagai fitur canggih, seperti verifikasi untuk mendeteksi akun bank yang tak terdaftar, pilihan transaksi di luar jam operasional kantor, kunci idempotent untuk pencegahan transaksi dobel, serta notifikasi ke penerima dana setelah melakukan pembayaran.

Terdapat juga dukungan operasional selama tujuh hari dan 24 jam, serta solusi khusus untuk kasus penggunaan tertentu (white label). Dengan demikian, pengguna dapat mengakses layanan konsumen selama dibutuhkan tanpa terkendala waktu.

Melalui Flip for Business, transfer uang tujuan domestik dan luar negeri dapat dilakukan dengan mudah dan hemat biaya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Flip for Business, Anda bisa kunjungi laman https://flip.id/business.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Harga Mi Instan Diprediksi Naik 3 Kali Lipat, Sandiaga Uno: Pelaku Usaha Kuliner Harus Bersiap

Harga Mi Instan Diprediksi Naik 3 Kali Lipat, Sandiaga Uno: Pelaku Usaha Kuliner Harus Bersiap

Whats New
Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp 1.000 Per Gram, Cek Rinciannya

Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp 1.000 Per Gram, Cek Rinciannya

Whats New
Kenaikan Harga Tiket TN Komodo Ditunda, Tarif Rp 3,75 Juta Baru Berlaku 1 Januari 2023

Kenaikan Harga Tiket TN Komodo Ditunda, Tarif Rp 3,75 Juta Baru Berlaku 1 Januari 2023

Whats New
Blue Bird Targetkan Pendapatan Rp 1,8 Triliun pada Semester II-2022

Blue Bird Targetkan Pendapatan Rp 1,8 Triliun pada Semester II-2022

Whats New
Cek Tarif Ojek Online Paling Murah hingga yang Termahal

Cek Tarif Ojek Online Paling Murah hingga yang Termahal

Spend Smart
Menjauhi Jurang Resesi Ekonomi

Menjauhi Jurang Resesi Ekonomi

Whats New
Rincian Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, dari 0,5 Gram hingga 1 Kg

Rincian Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, dari 0,5 Gram hingga 1 Kg

Spend Smart
Harga Pangan Naik, Badan Pangan Nasional Bakal Terbitkan Harga Acuan untuk Konsumen dan Produsen

Harga Pangan Naik, Badan Pangan Nasional Bakal Terbitkan Harga Acuan untuk Konsumen dan Produsen

Whats New
Jelang Pemilu 2024, Pasar IPO Dalam Negeri Diperkirakan Akan Ramai

Jelang Pemilu 2024, Pasar IPO Dalam Negeri Diperkirakan Akan Ramai

Whats New
Kinerja Emiten Melebihi Ekspektasi Pasar, 'Rally' IHSG Hari Ini Berpotensi Berlanjut

Kinerja Emiten Melebihi Ekspektasi Pasar, "Rally" IHSG Hari Ini Berpotensi Berlanjut

Whats New
Bos Blue Bird 'Senang' Tarif Ojek Online Naik Mendekati Tarif Taksi

Bos Blue Bird "Senang" Tarif Ojek Online Naik Mendekati Tarif Taksi

Whats New
Harga Minyak Mentah Dunia Turun, Setelah Ukraina Tutup Pipa Pasokan ke Eropa

Harga Minyak Mentah Dunia Turun, Setelah Ukraina Tutup Pipa Pasokan ke Eropa

Whats New
Manulife Aset Manajemen Proyeksi IHSG Tembus 7.600 hingga Akhir 2022

Manulife Aset Manajemen Proyeksi IHSG Tembus 7.600 hingga Akhir 2022

Whats New
Kisah Sukses Yudhi, Bangun Bisnis Gula Semut dari Nol, yang Ternyata 'Kebal' Pandemi

Kisah Sukses Yudhi, Bangun Bisnis Gula Semut dari Nol, yang Ternyata "Kebal" Pandemi

Whats New
[POPULER MONEY] Tarif Ojek Online Naik | Harga Mi Bakal Naik 3 Kali Lipat

[POPULER MONEY] Tarif Ojek Online Naik | Harga Mi Bakal Naik 3 Kali Lipat

Whats New
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.